Minggu 01 Desember 2019, 13:50 WIB

LIPI dan PLN Kembangkan Energi Terbarukan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
LIPI dan PLN Kembangkan Energi Terbarukan

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah pemilik motor listrik melakukan pengisian baterai di Stasiun Pengisian Cepat Baterai Kendaraan Listrik

 

TEKNOLOGI baterai merupakan bagian dari energi terbarukan yang penting untuk dikuasai. Di masa mendatang, baterai tidak hanya untuk alat komunikasi, tetapi juga untuk kebutuhan peralatan rumah tangga, alat transportasi, peralatan medis, manufaktur di industri hingga peralatan militer.

Untuk mengembangkan energi terbarukan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sepakat melakukan kerja sama penelitian dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Intan Cahyani menjelaskan momentum positif untuk kerja sama tidak boleh ditunda terlalu lama.

"Kami targetkan perjanjian kerja sama teknis di bidang baterai bisa disepakati selambatnya akhir Desember ini supaya Indonesia bisa segera berlari untuk memenuhi kebutuhan baterai di era industri 4.0,” jelas Sripeni dalam pernyataan resmi, Minggu (1/12).

Baca juga: Indonesia Bisa Menjadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono menjelaskan Indonesia memiliki sumber daya alam mineral yang sangat melimpah sebagai sumber bahan baku untuk produksi baterai. Sehingga tugas selanjutnya mengembangkan produk baterai agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di era industri 4.0.

“LIPI memiliki teknologi untuk menghasilkan baterai yang murni menggunakan sumber daya alam lokal. PR selanjutnya adalah meningkatkan performa baterai, agar lebih bagus dan mampu memenuhi kebutuhan industri 4.0 di masa mendatang,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, LIPI yang ditunjuk sebagai ketua tim Prioritas Riset Nasional di bidang teknologi kendaraan listrik mendorong semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan berbagai platform untuk teknologi kendaraan listrik yang sedang dikembangkan.

“LIPI sudah mencanangkan bahwa infrastruktur riset milik LIPI adalah terbuka untuk umum. Diharapkan seluruh pelaku riset dapat berkumpul di LIPI untuk menyelesaikan berbagai persoalan di bidang riset dan inovasi. Termasuk dalam hal riset baterai bersama dengan PT PLN,” tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Istimewa

Polri Ajak Humas Pemerintah Kerjasama Konter Isu Negatif

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 19:00 WIB
POLRI mengajak jajaran humas instansi pemerintah yang tergabung dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) untuk turut serta...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Sepekan PSBB, Pergerakan Orang Mulai Meningkat

👤Astri Novaria 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 18:51 WIB
Pengamat Bidang Ekonomi The Indonesian Institute M. Rifki Fadilah mengatakan sepekan setelah PSBB Transisi di Jakarta terjadi peningkatan...
MI/Indrastuti

Ini Kata Pakar Tentang Impostor Syndrome

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 18:25 WIB
Impostor syndrome merupakan kondisi di mana seseorang tidak mampu menerima dan menginternalisasi keberhasilan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya