Minggu 01 Desember 2019, 10:37 WIB

Mulai Hari Ini, Naik LRT Jakarta Bayar Rp5 Ribu

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mulai Hari Ini, Naik LRT Jakarta Bayar Rp5 Ribu

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Sejumlah penumpang mengunakan moda transportasi kereta LRT (Light Rail Transit) saat uji coba di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur

 

LINTAS Raya Terpadu (LRT) Jakarta mulai hari ini, Minggu (1/12), menerapkan tarif berbayar sebesar Rp5 ribu per penumpang. Rute yang sudah selesai dan beroperasi yakni dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan 2.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko menegaskan selain dapat menggunakan tiket single trip dan multitrip yang dijual di stasiun, penumpang juga dapat menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank yakni BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank DKI dan BNI.

"Hari ini, LRT Jakarta menandai hari pertamanya untuk mulai operasi komersial tepat di 1 Desember. Kami menerapkan tarif Rp5 ribu untuk satu kali perjalanan ke semua stasiun," ungkap Wijanarko di Stasiun Velodrome, Minggu (1/12).

Pengoperasian LRT Jakarta termasuk seluruh fasilitas pendukungnya sudah mampu melayani masyarakat. Hal ini dikarenakan LRT telah lebih dulu menempuh uji publik selama empat bulan.

"Di uji coba kemarin sudah kami uji fungsikan selama kurang lebih 4 bulan. Tidak ada kendala berarti. Mudah-mudahan diuji coba operasional hari ini selalu diberikan kelancaran," tuturnya.

Baca juga: Desember Beroperasi Komersial, Tarif LRT Rp5.000

LRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 23.00 WIB dengan jarak kedatangan antarkereta (headway) di stasiun selama 10 menit.

Untuk penumpang yang hendak menuju pusat kota dapat menggunakan integrasi dengan Trans-Jakarta di Stasiun Velodrome.

Wijanarko menargetkan tahun depan pembangunan LRT Jakarta fase 2 dari Kelapa Gading menuju Jakarta International Stadium (JIS) bisa mulai dibangun. Tujuannya untuk menghubungkan penumpang menuju stadion pengganti Lebak Bulus itu.

LRT Jakarta juga berencana mengekspansi rute hingga ke Manggarai dari Velodrome dan mengoneksikan dengan KRL Commuterline.

"Pertama untuk meng-connect-kan segera dengan stadium yang baru. Supaya aksesnya bisa mudah ke sana. Tentunya akan simultan dengan arah ke Manggarai," tegasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More