Minggu 01 Desember 2019, 10:33 WIB

Majelis Taklim tidak Diwajibkan Mendaftar ke Kemenag

Siswantini Suryandari | Humaniora
Majelis Taklim tidak Diwajibkan Mendaftar ke Kemenag

Antara
Kementerian Agama menegaskan peraturan menag soal pendaftaran majelis taklim tidak bersifat wajib.

 

PERATURAN Menteri Agama (PMA) No 29 tahun 2019 tentang Majelis Taklim mendapat sorotan. Pemerintah dinilai mewajibkan majelis taklim untuk mendaftar. Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag, Juraidi menegaskan bahwa PMA ini tidak mewajibkan majelis taklim untuk mendaftar. Pasal 6 ayat (1) PMA ini mengatur bahwa majelis taklim harus terdaftar pada kantor Kementerian Agama.

"Dalam pasal 6, kita gunakan istilah harus, bukan wajib. Harus sifatnya lebih ke administratif,  kalau wajib berdampak sanksi," terang Juraidi dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

"Jadi tidak ada sanksi bagi majelis taklim yang tidak mau mendaftar," tambahnya.

Menurut Juraidi, terdaftarnya majelis taklim akan memudahkan Kementerian Agama dalam melakukan pembinaan. Ada banyak pembinaan yang bisa dilakukan misalnya workshop dan dialog tentang manajemen majelis taklim dan materi dakwah, penguatan organisasi, peningkatan kompetensi pengurus, dan pemberdayaan jamaah.

"Termasuk juga pemberian bantuan pemerintah, baik melalui APBN maupun APBD. PMA ini bisa dijadikan dasar atau payung hukum," jelasnya.  

PMA ini juga bisa menjadi panduan masyarakat saat akan membentuk majelis taklim. Misalnya, salah satu rukun majelis taklim adalah jamaah. Dalam regulasi ini diatur jumlahnya minimal 15 orang. Hal ini supaya majelis taklim yang dibentuk itu benar-benar ada jamaahnya, semakin banyak jemaahnya tentu semakin baik.

baca juga: BNPB Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solok Selatan

Selain jamaah, rukun majelis taklim lainnya adalah ustadz, pengurus, sarana tempat/ domisili, dan materi. Semuanya dijelaskan dalam PMA ini sebagai pedoman publik.

"Jadi, PMA ini lebih ke fasilitasi dan ingin memudahkan pembinaan majelis taklim. PMA ini akan menguatkan keberadaan majelis taklim," tandasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Wishnutama Sebut Pembukaan Bioskop Angin Segar bagi Insan Kreatif

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 09:28 WIB
Pembukaan kembali bioskop di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya akan menggeliatkan dunia perfilman dan insan kreatif di Indonesia...
Ilustrasi MI

Masyarakat jadi Kunci Pencegahan Penyebaran Penyakit Vektor

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:55 WIB
Pengendalian vektor merupakan upaya preventif yang paling efektif dalam pencegahan penyakit tersebut, lebih efektif dan hasil maksimal jika...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Semakin Membaik

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 06:26 WIB
Perkembangan penanganan Covid-19 secara mingguan pada 10 provinsi prioritas menunjukkan hasil yang relatif baik, baik angka positif,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya