Minggu 01 Desember 2019, 06:30 WIB

Nadiem Minta Waktu untuk Wujudkan Perubahan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Nadiem Minta Waktu untuk Wujudkan Perubahan

MI/Adi Maulana Ibrahim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyerahkan penghargaan guru inspiratif di Puncak Acara Peringatan HUT ke-74 pgri.

 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berjanji akan menyederhanakan berbagai macam aturan yang membelenggu para guru dalam berinovasi, di antaranya dengan menyederhanakan kurikulum dan peraturan, memperbaiki sistem tunjangan, dan meningkatkan kualitas pendidik.

Nadiem juga meminta para guru terus memberikan masukan untuk melakukan perbaikan.

"Kami mohon kesabaran semua guru. Ini tidak bisa tergesa-gesa. Kalau ingin perubahan, perubahannya harus dilakukan dengan cara yang baik dengan perencanaan dan strategi yang baik," ujar Nadiem pada acara puncak peringatan Hari Guru Nasional sekaligus ulang tahun ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, kemarin.

Acara yang mengangkat tema Peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia unggul tersebut diawali dengan laporan dari Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi. Dilanjutkan dengan pembagian sejumlah penghargaan, seperti guru inspiratif, guru lomba menulis, guru bertutur pajak, Anugrah Dwija Praja Nugraha 2019, dan Satya Lencana Pendidikan.

Pada kesempatan itu, Mendikbud juga meminta para guru untuk menciptakan organisasi di sekolah yang penuh dengan kreativitas dan kolaborasi sehingga dapat mengembangkan karakter siswa.

Dia pun mengajak kepala sekolah dan pengawas untuk mengubah paradigma kepemimpinan, yang sebelumnya sebagai regulator untuk mengawasi dan mengatur, menjadi pelayan yang melayani guru dan siswa di seluruh Indonesia.

"Saya mengajak semua jenjang pemerintahan untuk memberikan kepercayaan kepada guru-guru untuk melaksanakan tugasnya dengan baik agar masa depan siswa siswi kita lebih baik, agar Indonesia punya SDM unggul dan kita bisa menang di panggung dunia," katanya.

Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi memberikan apresiasi kepada Mendikbud yang berupaya mendorong kreativitas guru di kelas dan mendorong kemerdekaan belajar.

"Kami terus memohon agar perhatian pada kualitas dan kesejahteraan guru tanpa membedakan status ditingkatkan dan jabatan pengawas/penilik dipertahankan guna mengawal mutu pendidikan," ujarnya. (Aiw/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More