Minggu 01 Desember 2019, 06:15 WIB

Laga Penentu Laju ke Semifinal

Budi Ernanto (Laporan dari Manila) | Sepak Bola
Laga Penentu Laju ke Semifinal

DOK PSSI
Osvaldo Haay (depan) dan Saddil Ramdani menjadi tumpuan ketajaman Indonesia saat menghadapi Vietnam pada laga ke-3 penyisihan Grup B.

 

LAGA penyisihan Grup B sepak bola SEA Games 2019 memasuki­ separuh jalan, hari ini. Akan tetapi, laga antara Indonesia dan Vietnam menjadi penting karena tim pemenang bakal mengamankan tiket ke semifinal.

Indonesia dan Vietnam sama-sama telah mengoleksi dua kemenangan. Hanya, Vietnam unggul dalam produktivitas gol ketimbang Indonesia.

Kondisi yang membuat laga yang dilangsungkan di Stadion Sepak Bola Rizal Memorial Sports Complex, malam ini, dipastikan bakal berlangsung ketat. Bahkan, pelatih kedua tim memutuskan latihan tim, kemarin malam, dilangsungkan tertutup untuk media asing.

Pelatih ‘Garuda Muda’, Indra Sjafri, memutuskan latihan hanya boleh diliput wartawan Indonesia. Jurnalis asal Vietnam dipersilakan meninggalkan stadion dan tidak boleh mengambil gambar. Bahkan, awak media asal Indonesia tidak diperbolehkan mengambil gambar ketika Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan mengasah skema permainan.

Hal yang sama juga dilakukan pelatih Vietnam, Park Hang-seo. Arsitek asal Korsel itu menutup rapat latihan tim asuh­annya dari media asing dan tidak ingin kekuatan timnya terendus pihak lawan.

Selepas sesi latihan jelang menghadapi Vietnam, pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengatakan, dirinya hanya berharap para pemainnya bisa tetap dalam kondisi fit. “Saya juga minta pemain fokus dengan tim dan jangan sampai membuat kesalahan,” kata Indra.

Dikatakan Indra, pasukannya memiliki cukup waktu untuk memulihkan kondisi pascamelawan Singapura. Namun, Indra menilai waktu istirahat yang hanya dua hari terlalu singkat sehingga sangat perlu untuk bisa menjaga kebugaran. “Kami maksimalkan jeda istirahat yang kami punya,” kata Indra.

Sementara itu, timnas Vietnam menargetkan diri untuk mencegah gawang mereka kebobolan. Kiper andalan Vietnam, Bui Tien Dung, pun mengaku telah mempelajari penampilan timnas Indonesia.

Tien Dung menambahkan, lapangan sintetis membuat permainan Evan Dimas Darmono dkk lebih baik. “Kalau perkara menang atau tidak, itu tergantung kepada usaha secara individu dan kolektif,” kata Tien Dung.

Bermasalah

Meski berambisi untuk bisa tidak kebobolan, Vietnam memiliki satu masalah yang bisa membuat mereka justru bakal kesulitan untuk mencetak gol. Pasalnya, Nguyen Trong Hung tengah menjalani rehabilitasi karena cedera pangkal paha.

Trong Hung merupakan salah satu pemain Vietnam yang sudah menyumbangkan satu gol dan satu assist ketika timnya melawan Brunei.

Namun, bukan hanya Vietnam yang dirundung masalah, Indonesia juga kemungkinan tidak akan diperkuat Firza Andika dan M Rafli karena mengalami cedera.

Menurut dokter timnas, Syarif Alwi, kedua pemain tersebut mengalami cedera pergelangan di kaki kiri. “Kondisi 70% tidak bisa bermain. Besok mereka tidak bisa bermain,” kata Syarif.

Menurut Syarif, masa pemulihan diperkirakan mencapai tiga hari. “Semoga lawan Brunei mereka bisa bermain,” katanya. (R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More