Sabtu 30 November 2019, 21:37 WIB

Mabuhay, Presiden Duterte Resmi Buka SEA Games 2019

Budi Ernanto, laporan dari Filipina | Olahraga
Mabuhay, Presiden Duterte Resmi Buka SEA Games 2019

Antara/Nyoman Budhiana
Prosesi pembukaan SEA Games 2019 Filipina

UPACARA pembukaan SEA Games 2019, Sabtu (30/11) di Philippine Arena berlangsung meriah. Ajang dua tahunan itu dibuka oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte setelah parade kontingen 11 negara berlangsung.

“Saya menyatakan SEA Games 2019 dibuka, mabuhay kayong lahat,” kata Duterte yang duduk didampingi oleh Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Setelah resmi dibuka, para artis Filipina bergantian tampil hingga akhirnya petinju dan anggota parlemen Filipina, Manny Pacquiao datang menyalakan obor SEA Games di Stadion Atletik, New Clark City.

Petinju kebanggaan rakyat Filipina itu menyalakan obor bersama Nesty Petecio yang juga merupakan atlet tinju.

Sementara Ketua Umum Komite Olimpiade Filipina Abraham N Tolentino mengatakan dibukanya SEA Games oleh Duterte membuat penantian panjang Filipina untuk kembali jadi tuan rumah telah usai.

Baca juga : Kontingen Indonesia Disambut Meriah di Pembukaan SEA Games 2019

Terakhir kali Filipina menjadi tuan rumah SEA Games ialah pada 2005 dan saat itu juga Filipina sukses menjadi juara umum.

“Selamat datang para atlet. Terima kasih kepada PResiden Duterte yang telah memberikan dukungan untuk ajang ini,” ujar Tolentino.

Ketua panitia penyelenggara SEA Games 2019 (Phisgoc) Alan Peter Cayetano mengatakan melalui SEA Games, semua orang di dunia akan melihat nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh para atlet.

“Kita melihat bagaimana kedisiplinan, kekuatan, persaingan, dan nilai positif lainnya,” kata Cayetano.

Adapun kontingen Indonesia saat parade dipimpin oleh atlet polo air Ridjkie Mulia yang menjadi pembawa bendera. Dia berjalan di depan Komandan Kontingen Indonesia Harry Warganegara dan timnya serta ratusan atlet dan ofisial Merah Putih yang mengikuti acara tersebut. Dia mengenakan seragam merah putih dan juga memakai topi khas Papua.

Para atlet dan ofisial yang ikut parade sebagaian juga ada yang mengenakan pakaian adat dan lainnya menggunakan seragam merah putih. (OL-7)

Baca Juga

Dok. BDR Race Against Pandemic

Pembalap RI Berlomba di Sirkuit Imola Secara Virtual Malam Ini

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:38 WIB
Sejumlah pembalap profesional tercatat akan mengikuti balapan yang memperebutkan total hadiah lebih dari Rp90 juta...
 JORGE GUERRERO / POOL / AFP

Bottas Tampil Dominan pada Latihan Bebas GP Portugal

👤Antara 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 00:45 WIB
Bottas, yang menjadi runner-up klasemen sementara, mencetak waktu terbaiknya dalam satu menit 17,940 detik di sesi latihan...
Dok.Salonpas Ride

Mau Sepedaan, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Mulai Mengayuh

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 23:05 WIB
Sebelum memulai mengayuh sepeda, ada sejumlah hal yang harus dilakukan agar kenyamanana saat bersepeda bisa dimaksimalkan, termasuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya