Sabtu 30 November 2019, 20:19 WIB

Garuda Muda Tetap Fokus dengan Kekuatan Tim

Budi Ernanto dari Filipina | Sepak Bola
Garuda Muda Tetap Fokus dengan Kekuatan Tim

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2019 Filipina

 

TIM nasional U-23 Indonesia akan kembali tampil di babak penyisihan SEA Games 2019, Minggu (1/12). Laga ketiga yang akan berlangsung di Stadion Sepak Bola Rizal Memorial Sports Complex itu akan mempertemukan Indonesia dengan Vietnam.

Diprediksi, pertandingan diprediksi akan berjalan sangat seru lantaran kedua tim sejauh ini belum terkalahkan. Indonesia telah menang 2-0 melawan Thailand dan meraih skor yang sama ketika meladeni Singapura. Sementara Vietnam, tampil lebih memukau karena menang 6-0 ketika melawan Brunei Darussalam dan 6-1 saat ditantang Laos.

Dengan hasil tersebut, kedua tim pun sama-sama mengantongi 6 poin dan memimpin puncak klasemen. Garuda Muda ada di posisi teratas Grup A dan Vietnam di puncak Grup B.

Pada sesi latihan jelang menghadapi Vietnam, pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengatakan dirinya hanya berharap para pemainnya bisa tetap dalam kondisi fit. “Saya juga minta pemain fokus dengan tim dan jangan sampai membuat kesalahan,” kata Indra.

Baca juga: Duterte Minta Maaf Atas Ketidaknyamanan Kontingen SEA Games

Dikatakan Indra, pasukannya memiliki cukup waktu untuk memulihkan kondisi pascamelawan Singapura. Namun, Indra menilai waktu istirahat yang hanya dua hari terlalu singkat sehingga sangat perlu untuk bisa menjaga kebugaran. “Kami maksimalkan jeda istirahat yang kami punya,” kata Indra.

Sementara timnas Vietnam menargetkan diri untuk tidak bisa mencegah gawang mereka kebobolan. Kiper andalan Vietnam Bui Tien Dung pun mengaku telah mempelajari penampilan timnas Indonesia.

Tien Dung menambahkan lapangan sintetis membuat permainan Evan Dimas Darmono dkk lebih baik. "Kalau perkara menang atau tidak itu tergantung kepada usaha secara individu dan kolektif," kata Tien Dung.

Meski berambisi untuk bisa tidak kebobolan, Vietnam memiliki satu masalah yang bisa membuat mereka justru bakal kesulitan untuk mencetak gol. Pasalnya, Nguyen Trong Hung tengah menjalani rehabilitasi karena mengalami cedera pangkal paha.

Trong Hung merupakan salah satu pemain Vietnam yang sudah menyumbangkan satu gol dan satu assist ketika timnya melawan Brunei. Perannya untuk memperkuat benteng pertahanan Vietnam telah digantikan oleh pemain yang masih muda.

Tapi, bukan Vietnam saja yang dirundung masalah. Indonesia juga dipastikan tidak akan diperkuat oleh Firza Andika dan M Rafli karena mengalami cedera. Menurut Dokter Timnas Syarif Alwi kedua pemain tersebut mengalami cedera pergelangan di kaki kiri. "Kondisi 70% tidak bisa bermain. Besok merek tidak bisa bermain," kata Syarif.

Menurut Syarif, masa pemulihan diperkirakan mencapai tiga hari. "Semoga lawan Brunei mereka bisa bermain. Pelatih sudah tahu karena kan setiap hari harus laporan mana yang cedera dan sehat,” kata dia lagi. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More