Sabtu 30 November 2019, 03:00 WIB

RI-Kazakhstan Perkuat Kerja Sama

Hym/X-11 | Internasional
RI-Kazakhstan Perkuat Kerja Sama

MI/Haufan Hasyim Salengke
Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, Daniyar Sarekenov, dalam pertemuan dengan kalangan media di Jakarta, kemarin.

 

KAZAKHSTAN dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, termasuk menjadi negara terbesar dari segi luas wilayah dan ekonomi di kawasan masing-masing. Kedua negara juga memiliki populasi multietnik dan multiagama.

Hal itu dikatakan Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, Daniyar Sarekenov, dalam pertemuan dengan kalangan media di Jakarta, kemarin. Sayangnya, potensi kerja sama belum terlalu tergarap maksimal.

Sarekenov menyebut Indonesia salah satu partner kunci bagi Kazakhstan di kawasan Asia Tenggara. Tahun ini menandai 26 tahun dua negara menjalin hubungan diplomatik.

“Selama tahun-tahun ini kita telah membangun hubungan persahabatan yang kuat berdasarkan saling pengertian dan kepercayaan,” ujarnya. “Kita berbagi pendekatan-pendekatan bersama dalam banyak isu internasional dan tujuan-tujuan pembangunan,” imbuhnya.

Tahun depan, lanjutnya, kedua negara berencana untuk mengadakan pertemuan kedua dari Komisi Bersama Kazakhstan-Indonesia untuk kerja sama Ekonomi.

Untuk membangkitkan kerja reguler di antara pertemuan Komisi Bersama, serta untuk membuat kegiatannya lebih efektif, Indonesia dan Kazakhstan berencana membuat kelompok kerja di bidang-bidang prioritas kerja sama, seperti perdagangan, energi, pertambangan, pertanian, pendidikan, dan pariwisata.

“Kita memiliki potensi besar yang belum dimanfaatkan untuk kerja sama di berbagai bidang, terutama perdagangan, ekonomi, dan investasi,” terang Sarekenov.

Ia mencatat volume perdagangan antara dua negara secara bertahap tumbuh. Pada 2018 omzet perdagangan meningkat 3,7 kali lipat menjadi US$132,5 juta, dan sepanjang sembilan bulan di 2019 perdagangan telah tumbuh 6 kali lipat menjadi lebih dari US$264 juta.

Pihaknya berharap di masa depan, kerja sama yang komprehensif dan saling menguntungkan dapat diperkuat lagi. (Hym/X-11)

Baca Juga

DOK MI

Rusia Klaim Sputnik V Manjur Hadapi Covid-19

👤WIdhoroso 🕔Selasa 24 November 2020, 22:26 WIB
Rusia merupakan satu dari beberapa negara yang berusaha menciptakan vaksin untuk Covid-19. Rusia adalah salah satu yang pertama mengumumkan...
AFP

India Catat 38 Ribu Kasus Baru Korona

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 24 November 2020, 22:00 WIB
Peningkatan terbaru tersebut, kata kementerian kesehatan, membuat jumlah total kasus menjadi 9,18 juta. India memiliki jumlah kasus...
AFP/Jack Guez

Benjamin Netanyahu Segera Kunjungi Bahrain

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 20:04 WIB
Hadir dengan undangan dari Putra...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya