Jumat 29 November 2019, 22:19 WIB

NTT Siapkan Rp1,6 Miliar Per Destinasi Wisata

Palce Amalo | Nusantara
NTT Siapkan Rp1,6 Miliar Per Destinasi Wisata

Antara
Pantai Liman

 

DINAS Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan anggaran miliaran rupiah untuk mengembangkan destinasi wisata pada 2020.

Pengembangan destinasi wisata sebagai bagian dari visi dan misi pemerintah daerah menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan
daerah dalam lima tahun ke depan.

"Kita sudah mengusulkan anggaran per destinasi Rp1,6 miliar termasuk pengembangan ekonomi kreatif di sekitar destinasi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Dharmawa di Kupang, Jumat (29/11).

Ada 14 destinasi wisata unggulan yang akan dikembangkan tahun depan antara lain meliputi pembangunan infrastruktur, festival budaya, dan
pengembangan ekonomi kreatif.

Dari puluhan destinasi itu, tujuh di antaranya dikembangkan mulai tahun ini yakni Pantai Liman di Pulau Semau  Kupang, Perairan Mulut Seribu di Rote Ndao, wisata alam dan budaya Fatumnasi Timor Tengah Selatan.

Selanjutnya wisata Kampung Adat Praimadita Sumba Timur, wisata pantai di Moru di Alor, dan wisata alam di sekitar Taman Nasional Kelimutu di Ende. Dia mencontohkan pengembangan wisata Mulut Seribu akan diintegrasikan dengan budidaya perikanan.

Menurut Wayan, pemerintah juga membangun homestay dan melatih warga setempat agar siap menyambut wisatawan. Sedangkan tujuh destinasi baru yang dikembangkan 2020 terdapat di tujuh kabupaten yakni Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sikka, Flores Timu, Sabu Raijua, dan Belu. Menurutnya, destinasi wisata yang dikembangkan tersebut berbasis desa setempat. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More