Jumat 29 November 2019, 18:35 WIB

Di Blora, Air Bengawan Solo kian Menghitam

Nursolih, Minanty | Nusantara
Di Blora, Air Bengawan Solo kian Menghitam

Metro TV
Penampakan Sungai Bengawan Solo di Blora yang menghitam

 

PEMERINTAH provinsi Jawa Tengah diminta lebih serius menangani masalah pencemaran sungai Bengawan Solo yang di sebagian wilayah alirannya kini berwarna hitam.  

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi C DPRD Blora, Jawa Tengah, Subroto seusai melakukan sidak ke sejumlah titik aliran air Bengawan Solo yang diduga tercemar limbah. Dalam sidak tersebut mereka memastikan kondisi air dengan mengambil sampel air dan melihat kadar air yang bewarna hitam.

Subroto menyebut kondisi air Bengawan Solo saat ini sangat tidak laik. Padahal air sungai Bengawan Solo menjadi sumber air bagi PDAM Tirta Amerta, Blora. karena itu ia meminta Pemprov Jawa Tengah serius menangani masalah pencemaran, dengan cara menindak perusahaan nakal.

"Harapan kami pemerintah provinsi segera turun tangan karena awalnya (pencemaran) bukan dari kami, melainkan dari hulu. Kita menerima dampak terbesar, sudah sulit air. Provinsi segera turun tangan sehingga bahan baku PDAM Blora terwujud dengan baik," terang Subroto.

Ia mengingatkan kondisi Kabupaten Blora saat ini sangat sulit air. Aliran Bengawan Solo merupakan satu-satunya sumber air bagi PDAM Tirta Amerta, yang kerap digunakan di tiga kecamatan di Blora.

"Kami setelah tahu kondisi di lapangan segera bergerak ke pemerintah provinsi, syukur kalau dapat bertemu dengan Gubernur, karena beliau selalu peduli dengan lingkungan," ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah mengakui telah berkoordinasi dengan LHK Jawa Timur untuk menangani pencemaran ini. Meski demikian, saat ini Pemprov Jateng masih belum mengetahui sumber utama pencemaran tersebut.

"Dari hasil penerusan ke lapangan, di sana sudah ada Ipal-Ipal komunal yang kita lihat ternyata kurang beroperasi optimal karena kurangnya perawatan. Kita akan lakukan revitalisasi supaya limbah yang sudah ada nantinya bisa dimanfaatkan secara optimal." (Metro TV/X-12)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More