Jumat 29 November 2019, 18:25 WIB

Penguatan Regulasi Untuk Antisipasi Perlambatan Ekonomi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Penguatan Regulasi Untuk Antisipasi Perlambatan Ekonomi

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri Rapimnas KADIN 2019 di Bali.

 

Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan perlunya penguatan regulasi untuk menciptakan ekosistem berusaha yang kondusif. Menurutnya, iklim usaha yang kondusif diperlukan untuk mengantisipasi penurunan pertumbuhan ekonomi nasional akibat kondisi ekonomi dunia yang melambat.

“Substansinya menata sinergi kebijakan pemerintah pusat dan daerah, kemudahan perizinan, insentif bagi dunia usaha yang menghasilkan komoditas ekspor, insentif bagi dunia usaha yang inovatif, dan diikuti penataan aturan berinvestasi," ungkap Puan di sela-sela Rapimnas KADIN 2019 di Bali, Jumat (29/11/2019).

Puan yang tampil sebagai pembicara utama dalam diskusi panel Rapimnas KADIN yang bertemakan 'Menuju Ekonomi Maju, Berdaya saing, dan Berkeadilan' itu, menekankan untuk dilakukannya penguatan regulasi sebagai langkah agar meningkatkan potensi ekonomi Indonesia.

Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, DPR RI akan membantu pemerintah dalam penguatan regulasi untuk mendorong laju perekonomian dengan  segera membahas pembentukan RUU Omnibus Law. “DPR akan memastikan bahwa seluruh kepentingan stakeholder dapat terakomodir, baik itu Pemerintah, Pengusaha, Pekerja dan terutama kepentingan rakyat,” ungkap Puan.

Dalam paparannya, Puan menekankan pentingnya pasar yang kondusif bagi produktifitas perekonomian nasional. Oleh karenanya, perlu adanya upaya dan kebijakan dalam memperluas dan memperdalam pasar untuk komoditas nasional. “Diperlukan adanya kebijakan afirmatif untuk melindungi produk dalam negeri agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri," sambungnya.

Puan juga menyarankan agar proyek-proyek yang menggunakan APBN, APBD, dan BUMN, meningkatkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) yang tinggi untuk menghemat devisa. Dengan demikian terjadi sinergi antara pusat dan daerah dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. (RO/OL-10)

Baca Juga

Antara

Bantah Edhy Prabowo, Eks Pimpinan KPK: Itu Bukan Kecelakaan

👤Henri Siagian 🕔Kamis 26 November 2020, 22:06 WIB
Selaku penyelenggara negara, sambung Laode, sudah sepatutnya berhati-hati dan menaati aturan dalam...
Antara

Survei SMRC: Mayoritas Publik Tak Suka Rizieq

👤Putra Ananda 🕔Kamis 26 November 2020, 21:39 WIB
Tingkat kesukaan masyarakat kepada Rizieq tertinggal jauh dibandingkan tokoh-tokoh lain seperti Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo hingga...
Antara

Triyono Martanto Jadi Calon Tunggal Hakim Agung

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 26 November 2020, 21:25 WIB
Menurutnya, calon dari unsur akademisi gagal lolos lantaran dinilai kurang menguasai teknis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya