Jumat 29 November 2019, 08:15 WIB

Komandan Polisi Saat Bencana Hillsborough Diputus tidak Bersalah

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Komandan Polisi Saat Bencana Hillsborough Diputus tidak Bersalah

AFP/ANDREW COWIE
Pendukung Liverpool membawa spanduk mengenang 96 orang yang tewas dalam tragedi Hillsborough

 

KOMANDAN polisi yang bertugas di stadion sepak bola Hillsborough saat 96 pendukung Liverpool tewas terhimpit, Kamis (28/11), dinyatakan tidak bersalah melakukan kelalaian yang berujung kematian.

Keluarga para korban menggelar kampanye selama puluhan tahun menuntut David Duckenfield dihukum atas tragedi yang terjadi pada 1989 itu.

Namun, pensiunan polisi berusia 75 tahun itu dibebaskan oleh juri setelah sidang selama enam pekan di Pengadilan Preston Crown.

Tragedi Hillsborough itu terjadi pada 15 April 1989 di laga semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest yang digelar di tempat netral, kandang Sheffield Wednesday, Hillsborough.

Baca juga:

Sebanyak 96 pendukung Liverpool tewas setelah tergencet di teras bagi penonton berdiri di Leppings Lane.

Berdasarkan aturan pada saat itu, Duckenfield tidak didakwa atas kematian para pendukung the Reds tersebut.

Pada 2016, koroner menemukan bahwa para korban itu tewas akibat kelalaian setelah memeriksa bukti selama dua tahun.

Juri memutuskan bahwa keputusan polisi pada saat itu berkontribusi pada kematian ke-96 orang itu dan polisi melakukan ketelodoran yang luar biasa.

Tragedi Hillsborough mengubah kebijakan di kompetisi sepak bola teratas Liga Inggris. Semua stadion tidak diizinkan lagi memiliki tempat bagi penonton berdiri sejak 1990-an. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More