Jumat 29 November 2019, 06:16 WIB

The Gunners Kalah di Kandang Sendiri dari Frankfurt

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
The Gunners Kalah di Kandang Sendiri dari Frankfurt

AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS
Laga Liga Europa antara Arsenal dan Eintracht Frankfurt

 

MASALAH yang dihadapi Arsenal nyatanya berlanjut hingga ke ajang Liga Europa. Tim berjuluk The Gunners itu harus menuai kekalahan di kandang sendiri dengan skor 1-2 dari Eintracht Frankfurt dalam laga ke-5 fase grup Liga Europa 2019-2020.

Pertandingan yang dihelat di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat (29/11) dini hari WIB itu seakan memperparah rentetan buruk Arsenal baik di Liga Primer Inggris maupun di Liga Europa.

Arsenal kini telah gagal menang dalam tujuh laga terakhir, termasuk hasil imbang 1-1 melawan Vitoria di Liga Europa.

Arsenal sempat unggul dahulu via gol penyerang andalan Pierre-Emerick Aubameyang di akhir babak pertama. Namun, Frankfurt yang mengetahui Arsenal sedang dirundung masalah mampu membalas dua gol melalui pemain Jepang, Daichi Kamada.

Laga itu pun menjadi kembalinya gelandang Granit Xhaka ke lapangan setelah melakukan aksi lempar ban kapten saat pertandingan melawan Crystal Palace, Oktober silam.

Baca juga: Emery Klaim Dapat Dukungan Pemain

Di babak pertama, pelatih Arsenal Unai Emery mencoba peruntungan dengan memainkan David Luiz sebagai gelandang bertahan. Hasilnya cukup moncer, karena Arsenal beberapa kali memperoleh sejumlah peluang emas. Sayangnya, usaha Aubameyang dan kolega masih nihil di depan gawang Frankfurt yang dijaga Frederik Ronnow.

Finalis Liga Europa tahun lalu ini akhirnya sukses memecah kebuntuan di akhir babak pertama. Memanfaatkan umpan Gabriel Martinelli dari sisi kanan, bola diteruskan Bakayako Saja untuk dibawa Aubameyang.

Striker asal Gabon yang berdiri bebas langsung menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Aresenal unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Frankfurt meningkatkan efektivitas serangan, sehingga membuat lini belakang Arsenal kelimpungan.

Pemain asal Jepang, Kamada menjadi mimpi buruk bagi Arsenal. Pemain berusia 23 tahun itu melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang gagal diantisipasi kiper Arsenal, Emiliano Martinez.

Alih-alih bangkit, Tim Meriam London malah kembali tertinggal melalui gol kedua Kamada, sembilan menit berselang. Lagi-lagi gol dari jarak jauh membuat nama Kamada terpampang di papan skor.

Hingga babak kedua usai, tidak ada gol tambahan dari Arsenal maupun Frankfurt, sehingga The Gunners harus kalah di kandang sendiri 1-2.

Kekalahan itu membuat tekanan terhadap Emery semakin meningkat.Banyak suporter Arsenal yang berbondong-bondong meninggalkan lapangan sebelum pertandingan usai. Ada pun beberapa pendukung yang membentangkan poster 'Emery Out'.

Meski kalah, Arsenal tetap bertengger di puncak klasemen dengan 10 poin, sedangkan Frankfurt menempati peringkat kedua dan memperkecil selisih menjadi satu poin di bawah Arsenal. (BBC/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More