Jumat 29 November 2019, 00:13 WIB

Auto2000 Jemput Bola Layani Pelanggan di Sektor Tambang

Tesa Oktiana Surbakti | Otomotif
Auto2000 Jemput Bola Layani Pelanggan di Sektor Tambang

MI/Tesa Oktiana Surbakti
Teknisi Auto2000 melakukan servis

DILER Auto2000 Balikpapan memperkuat pelayanan terhadap pelanggan di sektor pertambangan. Hal itu tercermin dari kesigapan Toyota Home Service (THS)-Auto2000 Home Service yang mendatangi pelanggan di area pertambangan batubara wilayah Sungai Siring, Samarinda Utara, Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, THS-Auto2000 Home Service di area Kalimantan memiliki 15 unit THS Avanza dan 5 THS Hilux D-Cab.

THS-Auto 2000 Home Service merupakan layanan khusus yang mencakup layanan perbaikan dan perawatan, dengan menghampiri langsung ke pelanggan atau AutoFamily.

Setiap cabang Auto2000 minimal mempunyai 1 unit THS. Beberapa unit ditempatkan di Service Point atau remote area, termasuk dekat wilayah pertambangan.

"Auto2000 menyediakan Service untuk menjangkau customer yang tersebar di mana-mana. Layanan THS ini juga menyasar lokasi pertambangan. Memang banyak klien kami yang menggunakan Hilux untuk kendaraan operasional," jelas Ahmad Adzkia, Kepala Bengkel Auto2000 Balikpapan Sudirman aat meninjau layanan THS-Auto2000 Home Service di wilayah pertambangan Sungai Siring, Kamis (28/11).

Baca juga : Jangkau Pelanggan, Auto2000 Balikpapan Terus Perkuat Layanan

Kendaraan operasional di kawasan pertambangan membutuhkan servis berkala lebih cepat. Untuk jarak tempuh 10.000 kilometer (km) hanya membutuhkan waktu 1-2 bulan. Servis berkala pada kendaraan umumnya dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km.

"Bahkan ada beberapa kendaraan operasional di area pertambangan yang servis berkala sebulan sekali," imbuh Adzki, sapaan akrabnya.

Kendaraan operasional di wilayah pertambangan, lanjut dia, kerap mengalami masalah mesin. Biasanya disebabkan penggunaan bahan bakar yang kurang tepat dan polusi tinggi.

"Masalah yang sering ditemui umumnya terkait low power. Apalagi wilayah pertambangan penuh polusi. Kami antisipasi dengan filter udara, sehingga bisa diatasi dengan cepat," ujarnya.

PT Mitra Indah Lestari (MIL) merupakan pelanggan yang sering menggunakan jasa THS-Auto2000 Home Service. Perusahaan tersebut bergerak di bidang kontraktor pertambangan batubara, rental dan transportasi alat berat.

Baca juga : Servis Mobil hanya Satu Jam, Mau? Express Maintenance Jawabannya

Perusahaan menggunakan banyak unit Toyota sebagai kendaraan operasional di area pertambangan batubara, seperti Toyota Hilux tipe 4x4. Mobil jenis tersebut dinilai nyaman untuk mengelilingi wilayah operasi pertambangan sampai 24 jam.

"Mobil jenis ini sangat cocok di wilayah operasional kami. Karena akselerasi bagus dan kuat melewati tanjakan. Kami juga tidak melakukan modifikasi, hanya ganti ban saja. Bahkan ada unit Hilux yang usianya bertahan sampai 10 tahun," tutur Site Manager MIL, Agus Mahaladi, pada kesempatan yang sama.

Berdasarkan pengalaman sejauh ini, Agus menilai layanan THS-Auto2000 Home Service sangat memuaskan.

Tim Auto2000 pun bergerak cepat setelah pihaknya melakukan pengaduan. Layanan THS-Auto2000 Home Service dikatakannya menguntungkan pelanggan ketika terjadi masalah. Mengingat lokasi Auto2000 di Samarinda cukup jauh dari wilayah pertambangan.(OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More