Kamis 28 November 2019, 23:23 WIB

Polisi Tegaskan Larang Perayaan HUT Papua

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Polisi Tegaskan Larang Perayaan HUT Papua

MI/Saskia Anindya Putri
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra

 

KEPALA Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra menegaskan bahwa tidak ada perayaan terkait HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Minggu (1/12) mendatang.

"Seperti yang disampaikan Kapolda Papua [Irjen Pol Paulus Waterpauw] beliau menegaskan bahwa tanggal 1 Desember tidak ada perayaan-perayaan. Sudah ditegaskan oleh beliau," kata Asep di Mabes Polri, Kamis (28/11).

Sementara itu, Asep menyebut menjelang HUT OPM, situasi di Papua dalam keadaan kodusif. Baik Polri maupun TNI saling bertandengan tangan demi mengantisipasi dinamika di sana.

"Jadi secara keseluruhan semua hal-hal yang sudah diperhitungkan dan dianalisis semua dalam lingkup prediksi kita. Dan antisipasi-antisipasi juga akan kita lakukan," terang Asep.

Baca juga : Pengamat: Papua Harus Merdeka dari Kemiskinan

Walakin, Asep menyebut bahwa masih ada ajakan-ajakan untuk merayakan kegiatan tersebut. Namun, pihak kepolisian terus memantau melalui patroli siber.

"Kita monitor berdasarkan patroli siber memang ada ajakan-ajakan, tetapi sekali lagi polisi memberikan imbauan-imbauan, apabila dilaksanakan, tentunya harus menghormati dari berbagai nilai," ujarnya.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Selasa (27/11).

Namun, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono enggan menyebut kaitan kunjungan tersebut dalam rangka HUT OPM. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More