Kamis 28 November 2019, 21:12 WIB

Ini 4 Masalah Akut Jakarta yang Perlu Diprioritaskan di APBD

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ini 4 Masalah Akut Jakarta yang Perlu Diprioritaskan di APBD

MI/Saskia Anindya Putri
Kawasan kumuh di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat

 

PENGAMAT kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menegaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus menjaga betul anggaran yang iprioritaskan sebagai fokus untuk pengentasan berbagai masalah di ibu kota.

Trubus mengatakan ada empat prioritas permasalahan yang harus dientaskan seperti kemacetan, kampung kumuh, banjir, dan pemberdayaan masyarakat.

"Jadi masalah-masalah itu yang harus diprioritaskan oleh Pak Anies. Mulai harus diprioritaskan pengentasan masalah-masalah itu," ungkap Trubus saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (28/11).

Seperti pengentasan kampung kumuh dengan merelokasi warga yang akhirnya dilakukan oleh Anies di Sunter Agung, Jakarta Utara beberapa waktu silam.

Ia menegaskan Anies tidak perlu malu dan khawatir melakukan penggusuran seperti yang dilakukan oleh pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Baca juga : Ini Strategi Pemprov DKI Atasi Macet Tahun Depan

"Pak Anies tidak perlu malu kok untuk meniru Pak Ahok. Tidak perlu khawatir masyarakat menilai buruk. Karena pada akhirnya masyarakat akan mendukung kebijakan tersebut saat sudah tahu hasilnya," tegasnya.

Menurutnya, anggaran-anggaran di luar hal tersebut sebaiknya tidak diprioritaskan. Terlebih anggaran yang tidak termasuk dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Selain itu, Anies harus lebih mengawasi kelembagaan jajaran SKPD. Pengawasan Anies yang lemah terlihat dari pengajuan anggaran yang tidak wajar.

Tahun ini pengawasan harus lebih diperketat lagi sebab ada pos-pos anggaran yang naik berkali lipat dibanding tahun lalu.

"Seperti anggaran rehabilitasi sekolah tahun depan ada yang naik hingga 300%. Itu bisa jadi potensi korupsi yang sangat besar. Untuk itu harus mengawasi dengan baik dan kelembagaannya hingga di situ," tukasnya.

Sementara itu, pihaknya juga menyayangkan ada beberapa sektor yang kurang dimaksimalkan selama Anies menjabat yakni sektor pajak.

"Pajak selama ini kurang. Raihannya rendah sekali," tandasnya.(OL-7)

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Pembukaan Sekolah di Jakarta Tergantung Perkembangan Kasus

👤Putri Anisa Yuliani/Hilda Julaika 🕔Selasa 24 November 2020, 21:06 WIB
DKI menyebut berbagai persiapan dari sisi ketentuan prasarana dan sarananya sedang...
AFP

Kasus Baru Positif Korona di Jakarta Bertambah 1.015 Orang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 24 November 2020, 21:00 WIB
Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta turun sebanyak 63 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 8.559...
Antara/Akbar Nugroho

DPRD DKI Prediksi Ekonomi Jakarta Membaik di 2021

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 24 November 2020, 20:43 WIB
Bangkitnya sektor pariwisata bisa meningkatkan pertumbuhan pajak hotel dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya