Kamis 28 November 2019, 17:27 WIB

Sulsel Harus Bisa Penuhi Lima Tantangan Pangan

Lina Herlina | Nusantara
Sulsel Harus Bisa Penuhi Lima Tantangan Pangan

MI/Lina Herlina
Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kota Makassar 2019, Kamis (28/11/2019).

 

ADA lima tantangan di sektor kemandirian pangan yang harus bisa diatasi. Salah satunya adalah produksi dan paoskan. Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb pada pembukaan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kota Makassar 2019 dengan tema Isu Strategis Pangan Menuju Kedaulatan dan Kemandirian Pangan, Kamis (28/11/2019).

Selain produksi dan pasakokan, Iqbal menyebutkan tantangan lain dalam kemandirian pangan adalah infrastruktur, seperti konversi lahan. Lalu pembiayaan bagi pemasok, distribusi dan persoalan struktur pasar.

"Lima tantangan itu harus lebih diperhatikan demi tercapainya kedaulatan dan kemandirian pangan. Terlebih pola konsumsi masyarakat yang juga harus diubah, bukan hanya karbohidrat, tapi juga protein dan bahan pangan lain," sebut Iqbal.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Sri Susilawati mengungkapkan, jika Pemerintah Kota Makassar sudah melakukan belanja APBD 2019. Dikhususkan untuk penanganan kelangkaan pangan akibat bencana yang sifatnya mendesak.

"Kita punya cadangan 10 ton beras, untuk ketersedian pangan kapan pun. Jika terjadi bencana seperti banjir, gempa bumi dan semua hal yang bersifat urgent, baru akan dimanfaatkan," ungkap Sri.

Sementara untuk pasokan atau ketersediaan pangan setiap harinya, meski tidak menyebut angka pastinya, Sri menngatakan setiap bulan pihaknya bersama dinas terkait dan Bulog selalu memeriksa pasokan.

baca juga: Farhan: Industri Pertahanan Harus Ditingkatkan

"Kita juga lakukan operasi pasar, baik di pasar modern dan tradisional. Itu agar tidak memunculkan spekulan dan permainan harga di pasar. Terlebih jelanf hari raya keagamaan, pasti lebih rutin dilakukan," lanjut Sri.

Adapun beras dan sejumlah komoditas lainnya yang disuplai ke Makassar berasal dari Wajo, Sidrap, dan Pinrang, yang merupakan daerah penyangga. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan

Blora Tambah Ruang Karantina dan Siapkan Anggaran Rp16 Miliar

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 30 Maret 2020, 08:04 WIB
Proyek-proyek yang dibiayai DAK dan pusat dialihkan untuk anggaran tanggap korona, yang nilainya kurang lebih Rp16...
MI/Supardji Rasban

Legislator Minta Walkot Tegal Harus Buka Pagar Beton di Jalan

👤Supardji Rasban 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:58 WIB
Anggota DPR RI Daerah Pemilihan/Dapil IX Jawa Tengah, Dewi Aryani. menyarankan agar Wali Kota Tegal melakukkan isolasi di wilayah...
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Gubernur Khofifah Imbu Perantau dari Jatim Menunda Mudik

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 06:46 WIB
Berdasarkan data, total ada 90 orang di Jatim terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona bertambah 13 orang dari sehari sebelumnya yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya