Kamis 28 November 2019, 15:06 WIB

Marwan Jafar Minta Dana CSR BUMN Dipantau Agar Tepat Sasaran

Eko Rahmawanto | Ekonomi
Marwan Jafar Minta Dana CSR BUMN Dipantau Agar Tepat Sasaran

MI/Rommy Pujianto
Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar meminta agar Menteri BUMN Erick Thohir memantau penyaluran dana CSR BUMN agar tepat sasaran.

 

ANGGOTA Komisi VI DPR RI Marwan Jafar meminta Menteri BUMN Erick Thohir supaya peka terhadap persoalan sosial yang ada di masyarakat. Ia berharap gebrakan yang dilakukan Menteri BUMN itu tak hanya sekadar merombak jajaran elite di kementerian, tapi sudah saatnya menaruh perhatian ekstra dalam mengontrol pemanfaatan dana Corporate Social Responsiblity (CSR) yang tepat sasaran buat kepentingan rakyat Indonesia.   

"Pemanfaataan dana CSR ini menjadi sangat penting, jangan diabaikan oleh Menteri BUMN," kata Marwan saat ditemui wartawan di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Pernyataan Marwan ini disampaikan terkait adanya kabar seorang siswa SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang, Zahra Amelia Putri, 13 tidak bisa makan selama dua hari karena keluarganya tidak punya makanan. Marwan mengaku sangat tersentuh mendengar kabar tersebut. Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, kabar miris itu seharusnya menjadi perhatian bagi seluruh elite negeri ini, termasuk juga Menteri BUMN Erick Thohir.

"Bayangkan jika alokasi dana CSR dari perusahaan-perusahaan BUMN bisa dialokasikan secara baik dan tepat sasaran, saya percaya kisah-kisah pilu semacam siswi di Tangerang itu tidak seharusnya terjadi lagi di negeri yang kaya ini," kata Marwan.

Terkait upaya mengakses dana CSR tersebut, Marwan berharap BUMN sudah sepatutnya menjalankan perannya secara komunikatif. Sinergi yang baik dengan para stakeholder menjadi sangat menentukan kucuran dana CSR itu bisa tepat sasaran. Ia menyarankan supaya Erick Thohir memberikan perhatian ekstra kepada seluruh pejabat BUMN, sejauh mana alokasi dana CSR yang diberikan itu berjalan secara tepat sasaran.

baca juga: Kebijakan Trump Perkeruh Perang Dagang, Indonesia Persiapkan Diri

“Jangan dibiarkan tanpa ada kontrol. Kejadian di Tangerang itu sungguh menyedihkan buat negeri ini. Jadi perusahaan BUMN yang ada di sekitar sana harusnya bisa lebih peka dan mengevaluasi pemanfaatan dana CSR mereka. Masa harus menunggu sampai ada korban, baru kita bertindak," kritiknya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More