Kamis 28 November 2019, 10:06 WIB

Tiongkok Siapkan Balasan untuk UU Hong Kong AS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tiongkok Siapkan Balasan untuk UU Hong Kong AS

AFP/NICOLAS ASFOURI
Aksi demonstrasi di Hong Kong

 

TIONGKOK, Kamis (28/11), menegaskan siap mengambil langkah balasan yang tegas terhadap Amerika Serikat (AS) setelah Presiden Donald Trump mengesahkan RUU yang mendukung aksi prodemonstrasi di Hong Kong menjadi UU.

"Balasan kami akan sangat kejam dan memiliki niat yang jahat," ungkap Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan resmi tanpa menyebut apa langkah balasan tersebut

Trump mengesahkan UU prodemokrasi Hong Kong pada Rabu (27/11) waktu setempat setelah RUU itu mendapat dukungan bulat dari Kongres AS.

Dalam sebuah pernyataan, Trump mengaku sangat menghormati Presiden Tiongkok Xi Jinping dan berharap pemerintah Tiongkok dan Hong Kong bisa mencapai kata sepakat.

Baca juga: Pemerintah Hong Kong Sayangkan Keputusan Trump

Meski begitu, keputusan Trump itu memancing kemarahan Beijing yang menyebut keputusan tersebut melanggar kedaulatan Tiongkok.

"Langkah itu dengan jelas melanggar hukum internasional dan norma dasar hubungan internasional," ujar Kementerian Luar Negeri Tiongkok sembari menuding AS mendukung terjadinya kekacauan sosial di Hong Kong.

"Kami menyarankan AS untuk tidak berbuat seenaknya. Jika tidak, Tiongkok akan mengambil langkah balasan dan AS akan menanggung akibatnya," tegas Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Undang-Undang itu mengharuskan Presiden AS untuk setiap tahunnya mengevaluasi status dagang istimewa Hong Kong dan mengancam mencabut status itu jika kebebasan di Hong Kong diganggu oleh Tiongkok.

Kongres AS juga menyetujui legislasi yang melarang penjualan gas air mata, peluru karet, dan perlengkatan lain yang digunakan polisi Hong Kong menghadapi para demonstran. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More