Kamis 28 November 2019, 06:53 WIB

Mensos Apresiasi Kinerja SDM Program Keluarga Harapan

mediaindonesia.com | Humaniora
 Mensos Apresiasi Kinerja SDM Program Keluarga Harapan

Istimewa/Kemensos
Menteri Sosial Juliari P Batubara.

 

MENTERI Sosial (Mensos) RI Juliari P Batubara menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras segenap Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) dalam mewujudkan kemandirian penerima bantuan sosial hingga mereka mencapai Graduasi Sejahtera Mandiri. 

"PKH sebagai salah satu program unggulan Kementerian Sosial (Kemensos) program nasional yang telah terbukti berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan," kata Mensos dalam arahannya pada acara 'PKH Appreciation Day 2019' yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (27/11) malam.  

"Hal ini tentunya tak lepas dari peran SDM PKH. Mereka adalah pejuang bangsa, ujung tombak program pengentasan kemiskinan. Tanpa kalian program Kemensos tidak akan berarti apa-apa," kata Mensos.  

Oleh karena itu, lanjut Juliari, Kemensos memberikan apresiasi dan penghargaan kepada SDM PKH yang telah bekerja keras setiap hari turun ke lapangan memberikan pendampingan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. 

SDM PKH adalah pelaksana PKH di bawah koordinasi Kemensos terdiri dari pendamping PKH, aplikator pangkalan data (APD) tingkat kabupaten/kota/provinsi, koordinator kota/kabupaten, koordinator wilayah, dan koordinator regional. Saat ini jumlah keseluruhan SDM PKH adalah 38 ribu orang tersebar di seluruh Indonesia. 

Mensos mengatakan kebijakan program bantuan sosial ke depan akan terus didorong untuk memperkuat pemberdayaan.

"SDM PKH memiliki peran besar dalam mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi," ujar Juliari.

PKH harus banyak meluluskan (graduasi), menumbuhkan kreativitas ekonomi, memunculkan ibu-ibu entepreneur yang memiliki dampak sosial di lingkungan terdekatnya dan melahirkan anak-anak berprestasi di berbagai bidang. 

"Sehingga PKH dapat mewujudkan SDM unggul dan turut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Sejahtera," tutur Ari, sapaan akrab Juliari. 

PKH Appreciation Day adalah ajang untuk memberikan appresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung Program Keluarga Harapan. 

Penghargaan diberikan kepada segenap SDM PKH yang telah bekerja nyata dalam mendorong kemandiran KPM. 

Penghargaan juga diberikan kepada mitra kerja Kemensos yakni Pemda Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Lembaga Penelitian SMERU, Worldbank, Microsave Indonesia, Inke Maris and Associate, Bank Mandiri, BNI, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia, kantor berita Antara, Harian Suara Pembaruan, TVRI, dan RRI.

PKH Appreciation Day dihadiri 500 orang berasal dari SDM PKH, dinas  sosial provinsi, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota terpilih, kementerian, lembaga, mitra, dan undangan. 

Kegiatan itu diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh pihak baik pemerintah pusat dan daerah serta peningkatan kinerja SDM PKH untuk mewujudkan KPM graduasi mandiri. 

"Saya ucapkan selamat kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota yang telah berhasil menggraduasi KPM PKH. SDM PKH yang menunjukan kinerja prositif dan mitra kerja yang berperan aktif untuk kemajuan program," kata Mensos. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More