Rabu 27 November 2019, 23:25 WIB

Jangkau Pelanggan, Auto2000 Balikpapan Terus Perkuat Layanan

Tesa Oktiana Surbakti | Otomotif
Jangkau Pelanggan, Auto2000 Balikpapan Terus Perkuat Layanan

MI/Tesa Oktiana Surbakti
Layanan servis di Auto2000 Balikpapan

DILER resmi mobil Toyota, Auto2000 terus berupaya melakukan inovasi untuk mendekatkan layanan dengan pelanggan. Tak terkecuali Auto2000 Balikpapan.

Branch Head Auto2000 Balikpapan Sudirman, M. Jainuri, mengatakan pihaknya terus memaksimalkan pelayanan dengan memperluas jaringan Toyota Operation Service (TOS).

"Wilayah Kalimantan ini sangat luas. Kami ingin mendekatkan layanan kepada pelanggan melalui TOS, termasuk aspek penjualan. Kemudian ada Toyota Home Service (THS) yang melayani wilayah terpencil dan pertambangan," ujar Jainuri kepada wartawan saat ditemui di Auto2000 Balikpapan Sudirman, Kalimantan Timur, Rabu (27/11).

Terdapat tiga Auto2000 di wilayah Balikpapan seluas 503 kilometer persegi, yakni Auto2000 Balikpapan MT Haryono, Auto2000 Balikpapan Sudirman dan Auto2000 Body&Paint (BP) Balikpapan.

Menyoroti profil pasar Kalimantan, pada dasarnya ditopang sejumlah komoditas utama. Seperti kelapa sawit, batubara, minyak bumi dan perdagangan.

Baca juga : Servis Mobil hanya Satu Jam, Mau? Express Maintenance Jawabannya

Jainuri tidak menampik fluktuasi harga komoditas berdampak pada capaian jasa perawatan, perbaikan dan penjualan Auto2000 Kalimantan. Kendati demikian, pengaruhnya tidak terlalu besar, karena masih ditopang sektor jasa dan perdagangan.

Di lain sisi, proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Balikpapan sebagai kerja sama PT Pertamina (Persero) dengan mitra asal Korea Selatan, diyakini berkontribusi besar terhadap penjualan produk dan layanan lainnya.

"Pada pasar otomotif Kalimantan, Toyota unggul dengan porsi 27,6%. Auto2000 di area Kalimantan berkontribusi sekitar 5,2% terhadap penjualan jaringan Auto2000 nasional setiap bulan," ungkap Jainuri.

Rata-rata penjualan produk Toyota melalui Auto2000 Kalimantan sekitar 1.465 unit per bulan.

Secara keseluruhan, Auto2000 memiliki 8 cabang di Kalimantan. Rinciannya, 6 cabang di Kalimantan Timur, 1 cabang di Kalimantan Selatan dan 1 cabang di Kalimantan Barat.

Setiap cabang Auto2000 mempunyai minimal 1 unit THS. Total 20 unit THS yang beroperasi di Kalimantan, dengan beberapa ditempatkan di service point atau remote area.

Lebih lanjut, Jainuri menyatakan penjualan dalam 2-3 bulan terakhir mengalami peningkatan, sebagai dampak rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Sejauh ini, pihaknya mendapat arahan dari manajemen pusat untuk mencari lokasi yang tepat untuk pembukaan cabang Auto2000 di wilayah IKN.

Mendirikan cabang dikatakannya membutuhkan studi kelayakan, peninjauan pasar, hingga izin dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Kendati demikian, Jainuri memastikan Auto2000 siap mendirikan cabang baru.

"Ada dampak rencana pemindahan IKN di mana penjualan 2-3 bulan terakhir alami peningkatan. Apalagi rute penerbangan dari Jakarta semakin banyak," sambungnya.

Produk Toyota yang paling laris di pasar Kalimantan ialah Avanza, kemudian disusul Innova, Calya dan Rush. Namun, kondisi pasar setiap tahun selalu berbeda. Penjualan kendaraan niaga seperti truk besar, pun cukup positif seiring perkembangan proyek kilang Pertamina, industri pertambangan, berikut perdagangan dan jasa.

Baca juga : Yaris Dekati Milenial lewat DWP

Bagian dari jaringan aftersales, Auto2000 turut menyediakan layanan perbaikan umum (general repair). Dilengkapi fasilitas standar Toyota, teknisi terlatih dan suku cadang asli.

Tipe perbaikan mencakup express light service dan express maintenance, dengan durasi maksimal 1 jam. Auto2000 juga melakukan inovasi fasilitas perbaikan Bodi Cat berbasis ovenless, yang dapat diimplementasikan di remote area.

Skema itu hasil pengembangan Sales & Service Point (SSP) Auto2000 yang berlokasi di Tanah Grogot, Paser. SSP tersebut memiliki fasilitas general repair dan body paint.

"Ovenless ini bisa mempercepat proses perbaikan Bodi Cat dan menekan biaya operasional. Jelas tidak menggunakan oven. Ini cocok untuk wilayah remote yang pasarnya tidak terlalu besar, karena investasinya juga tidak mahal," papar Service Manager Body&Paint (BP) Balikpapan, Wahju Prajitno, di sela peninjauan fasilitas Auto2000 Body&Paint (BP) Balikpapan.

Sebagai gambaran, fasilitas combi booth yang mencakup structure, paint booth, berikut electricity dan air installation, membutuhkan investasi sebesar Rp 624 juta. Adapun fasilitas berbasis ovenless dengan komponen serupa, menghabiskan biaya Rp85 juta.(Tes)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More