Rabu 27 November 2019, 19:59 WIB

Hujan Tak Turun, Musim Tanam di Cirebon Mundur

Nurul Hidayah | Nusantara
Hujan Tak Turun, Musim Tanam di Cirebon Mundur

Antara
Ilustrasi

 

HUJAN yang tak kunjung turun membuat musim tanam rendeng (penghujan) di Kabupaten Cirebon mundur. Hingga kini, pasokan air di saluran irigasi juga masih minim.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Efendi menjelaskan jika seharusnya pada November ini target tanam di Kabupaten Cirebon sudah mencapai 1.600 hektare.

''Tapi saat ini realisasi tanam baru mencapai 300 hektar,'' ungkap Ali, Rabu (27/11).  

Minimnya air menjadi penyebab masih banyaknya areal sawah yang belum ditanami padi hingga kini.

Ditambahkan Ali, pasokan air dari Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka mengalami keterlambatan. Karena hingga kini, Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang yang menjadi hulu dari Bendung Rentang juga masih mengalami kekeringan. Apalagi saat ini hujan tak kunjung turun di Cirebon.

''Petani tidak juga bisa mengandalkan air hujan, karena hujan tak kunjung turun,'' ungkap Ali.

Untuk target musim tanam rendeng 2019/2020 di Kabupaten Cirebon mencapai 47 ribu hektare, dari target tersebut yang seharusnya sudah terealisasi pada November ini sebanyak 1.600 hektare dan pada Desember mencapai 19 ribu hektare.

''Sisanya ditargetkan sudah selesai tanam pada pertengahan Januari 2020,'' ungkap Ali.

Ali juga mengaku sudah meminta pasokan air kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung. Jika nantinya pasokan air dipenuhi, maka Ali berharap tanam padi di Kabupaten Cirebon segera terealisasi. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More