Rabu 27 November 2019, 17:30 WIB

Enggartiasto: Ciputra Teladan bagi Pengusaha Properti

Andhika prasetyo | Ekonomi
Enggartiasto: Ciputra Teladan bagi Pengusaha Properti

Antara
Ciputra (berdiri)

 

CIPUTRA dinilai sebagai sosok visioner di balik pengembangan beberapa kota baru di Jabodetabek. Bumi Serpong Damai (BSD), Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah tiga dari banyak mahakarya pria yang biasa disapa Pak Ci itu.

Rekam jejak seperti itu, membuat ia menjadi teladan bagi para pelaku usaha properti lainnya termasuk mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Enggartiasto mengisahkan bahwa Ciputra adalah pendiri dan ketua umum pertama dari Real Estate Indonesia (REI).

Pada masa awal, ia mengumpulkan sekitar 32 pengusaha dan mendapat restu dari Gubernur DKI Jakarta kala itu Ali Sadikin untuk membentuk asosiasi properti pertama di Tanah Air.

"Walaupun pendiri dan ketua umum pertama, beliau tidak pernah menaruh kepentingan pribadi di dalam asosiasi. Itu yang kami kagumi," ujar Enggartiasto kepada Media Indonesia, Rabu (27/11).

Ciputra pun menancapkan budaya demokrasi yang sangat tinggi sejak awal berdirinya REI. Tidak boleh ada ketua umum yang menjabat lebih dari satu periode.

“Itu diterapkan sejak awal dan terus berlanjut sampai sekarang. Beliau pun hanya menjabat satu periode,” tutur Enggartiasto.

Semua sikap positif itu pun menjadi pegangan bagi Enggartiasto kala ia menjabat sebagai Ketua Umum REI.

"Bukan hanya bagi saya, beliau adalah panutan bagi semua," tandasnya.

Ciputra menghembuskan napas terakhir di Gleneagles Hospital Singapore pukul 01.05, Rabu (27/11), dalam usia 88 tahun. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More