Rabu 27 November 2019, 14:35 WIB

Kendala Tuan Rumah Filipina Jangan Jadi Beban Atlet

Yakub Pryatama | Olahraga
Kendala Tuan Rumah Filipina Jangan Jadi Beban Atlet

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama para atlet Indonesia saat upacara pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada seluruh kontingen untuk tidak menjadikan banyaknya kendala non-teknis tuan rumah SEA Games 2019, sebagai beban.

Hal itu diungkapkan Zainudin saat prosesi pengukuhan seluruh kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019di Hall Basket Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (27/11).

“Kalian mungkin mendengar berita tentang SEA Games, jadi jangan jadi beban. NOCI (National Olympic Committee Indonesia) sudah menghubungi dan sudah mendapat jaminan dari panitia penyelenggara. Jangan itu jadi beban dan pikiran, biarkan Chef de Mission (CdM) memikirkan hal itu,” kata Zainudin.

“Fokus meraih emas, jika meraih akan ada perhatian dari NOCI, KONI, dan pemerintah. Harapan rakyat Indonesia tolong dijawab dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Baca juga: Garuda Muda Bungkam Thailand di Laga Perdana SEA Games 2019

Ha senada diungkapkan Ketua Umum NOCI, Raja Sapta Oktohari. Ia mengaku telah membangun komunikasi dengan pimpinan penyelenggara SEA Games (Phisgoc) terkait belum siapnya tuan rumah menggelar SEA Games.

“Kita tahu persis tantangan yang dihadapi oleh penyelenggara itu tidak mudah. Maka, sebagai tamu yang baik kita tak mau seperti negara lain yang mungkin ada oknum membully atau menghina penyelenggara,” ujar Okto.

Okto mengatakan akan bertemu langsung dengan Presiden NOC Filipina untuk memberikan wejangan ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Para Games.

Okto juga berpesan supaya Indonesia tetap menjaga sikap saat bertandang ke Filipina. Karena Indonesia sebentar lagi akan sibuk menjadi tuan rumah event-event dunia, seperti tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan Piala Dunia Basket FIBA 2021.

“Kami sudah mempersiapkan tim CdM yang berkoordinasi dengan panitia lokal sehingga semua potensi dan tantangan sudah dipersiapkan alternatif-alternatifnya. Mudah-mudahan dengan impian dan usaha yang sudah kita siapkan dan lakukan, kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Okto.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More