Rabu 27 November 2019, 11:50 WIB

Anak Muda Indonesia Jangan Kalah Berkiprah di Industri 4.0

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Anak Muda Indonesia Jangan Kalah Berkiprah di Industri 4.0

MI/Ardi Teristi Hardi
Rektor UGM Panut Mulyono (tengah) membuka IndonesiaNEXT di University Club, Universitas Gadjah Mada, Selasa (26/11/2019).

 

REKTOR UGM, Prof Panut Mulyono mengingatkan, anak muda Indonesia jangan sampai kalah dengan anak muda negara lain di era industri 4.0.

"Kita jangan kalah berkiprah di industri 4.0," pesan Prof Panut kepada para mahasiswa saat membuka IndonesiaNEXT di University Club, Universitas Gadjah Mada, Selasa (26/11/2019).

Untuk itu, kerja sama antara industri, perguruan tinggi, dan pemerintah harus dikuatkan untuk membimbing anak muda di dunia industri 4.0. Panut meminta, anak muda jangan hanya membuat aplikasi yang memasarkan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat. Namun, mereka juga diharapkan membantu membangun dan mengembangkan produk-produk dalam negeri.

"Yang juga penting mengembangkan produk-produk dalam negeri, bukan produk-produk impor," kata dia.

Ia menyebut, kegiatan pelatihan, seperti IndonesiaNEXT sangat penting bagi anak muda. Kegiatan ini memberikan kompetensi dan pengalaman bagi mahasiswa. Panut yakin, para mahasiswa akan mendapatkan tambahan ilmu luar biasa yang belum diperoleh di bangku kuliah, terutama yang berkaitan dengan kreativitas di dunia industri 4.0.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Deni Abidin mengatakan sebagai digital telco company, Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih dari setiap solusi digital yang diberikannya.  Kegiatan IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa merupakan upaya membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Telkomsel berupaya untuk terus bergerak maju mengakselerasikan pengembangan SDM di Indonesia, agar mampu memiliki daya saing hingga ke tingkat internasional," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Pada tahun keempat penyelenggaraannya, IndonesiaNEXT memberikan kuliah umum, kursus online, pelatihan, dan sertifikasi bagi para peserta yang menitikberatkan pada kemampuan di bidang teknologi digital. Peserta terbaik yang mampu melewati seluruh tahapan tersebut akan mengikuti bootcamp dalam menentukan peserta terbaik IndonesiaNEXT 2019.

Upaya Telkomsel tersebut selaras dengan visi pemerintah dalam menjadikan pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas pembangunan. Melalui Indonesia Next ini yang merupakan salah satu CSR Masterpiece Program Telkomsel dalam bidang Pendidikan bersertifikat standar internasional.

"Kami mempunyai tujuan utama untuk mendukung program pemerintah dan universitas dalam meningkatkan skill digital talent generasi muda.  Khususnya di kalangan mahasiswa untuk bisa lebih bersaing di era global," kata dia.

Deni menambahkan, Telkomsel akan menyelenggarakan IndonesiaN EXT 2019 di delapan lokasi kegiatar di seluruh Indonesia. Yogyakarta merupakan satu dari delapan lokasi tersebut yang digelar di Universitas Gadjah Mada pada tanggal 26 November 2019. Para pembicara yang hadir adalah Yose Rizal (Komisaris Telkomsel) Waizly Darwin (Founder Pulau Bahagia Ekosistem), Adita Irawati (Pakar Komunikasi) serta Three Speakers (Communication & Public Speaking Specialist).

baca juga: Pemerintah Harus Paham Karakter Generasi Milenial

Lokasi kegiatan IndonesiaNEXT pada tahun ini digelar di kota Bandung, Samarinda, Banjarmasin, Surabaya, Yogyakarta, dan Sumedang. Sebanyak 24 peserta terbaik IndonesiaNEXT dari seluruh Indonesia akan mengikuti National Bootcamp pada Desember 2019 di Jakarta. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More