Rabu 27 November 2019, 07:10 WIB

Kasus Kekerasan Seksual masih Tinggi

(Ata/H-1) | Humaniora
Kasus Kekerasan Seksual masih Tinggi

. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin memberikan paparan tentang catatan tahunan Komnas Perempuan 2018 di Jakarta, Rabu (7/3)

 

MASIH tingginya angka kekerasan seksual terhadap perempuan disebabkan masih kurangnya pemahaman baik legislatif, pemerintah maupun masyarakat tentang informasi berbagai kasus kekerasan seksual dan beragam kasusnya. "Oleh karena itu, Komnas Perempuan menetapkan pentingnya sosialisasi tentang kasus-kasus kekerasan seksual yang kerap kali tidak terbayangkan masyarakat umum," ujar komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin.

Diungkapkan, sepanjang 2016-2018, Komnas Perempuan mencatat terdapat 17.088 kasus kekerasan seksual, 42% dari total kasus kekerasan terhadap perempuan sejumlah 40.849. Artinya, rata-rata setiap tahunnya terdapat 5.696 kasus kekerasan seksual. Di antara kasus kekerasan seksual itu terdapat 8.797 kasus pemerkosaan atau 52% dari total kasus kekerasan seksual.

Bertepatan dengan Hari Antikekerasan terhadap Perempuan yang diperingati setiap 25 November, Komnas Perempuan mengajak seluruh lembaga pemerintah, organisasi masyarakat maupun komunitas, terus mengawal kasus kekerasan seksual dan mendokumentasikannya untuk kepentingan penanganan dan perlindungan. (Ata/H-1)

Baca Juga

Dok. Instagram

Adele Jadikan Kisah Diet Bahan Lelucon

👤MI 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 01:55 WIB
PENYANYI asal Inggris Adele, 32, hadir di panggung Saturday Night Live (SNL) pada Sabtu (24/10)...
Dok Kementan

Universitas Syiah Kuala Kembangkan Ayam Organik Bebas Antibiotik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 01:30 WIB
Dikembangan tiga dosen dari bidang ilmu berbeda, yaitu Tedy Kurniawan Bakri (Farmasi), Heru Fahlevi (Ilmu Ekonomi) dan Allaily...
Dok MI

Kemenristek: Riset Berbiaya Asing Harus Ada Alih Teknologi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 00:30 WIB
Selain itu, wajib melibatkan sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia dengan kapasitas ilmiah yang setara sebagai mitra...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya