Selasa 26 November 2019, 23:01 WIB

Kemendikbud Godok Kebijakan untuk Guru

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Kemendikbud Godok  Kebijakan untuk Guru

MI/ Susanto
Nadiem Makarim

 

PIDATO peringatan Hari Guru Nasional 2019 yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menuai beragam komentar dari masyarakat. Banyak pihak yang sependapat dengan isi pidato tersebut, tapi tidak sedikit juga yang kemudian mempertanyakan kebijakan apa yang kemudian akan diambil oleh Mendikbud beserta jajarannya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriano mengatakan, berdasarkan isi pidato Nadiem, terlihat jelas akan ke mana arah kebijakannya. Setidaknya ada beberapa poin penting yang disampaikan Mendikbud dalam pidato tersebut yakni terkait penyederhanaan tugas administrasi guru, aturan-aturan yang menyulitkan guru, kurikulum, serta ruang berinovasi bagi guru dan murid.

“Arahnya ke mana Mas Menteri kan jelas, tinggal kita membuat rumusannya. Itu yang sekarang kita kerjakan untuk menuju ke situ,” kata Supriano dalam acara Simposium Nasional Guru IPA 2019 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Selasa (26/11).

Supriano mengungkapkan, Kemendikbud kini tengah dalam proses mengkaji peraturan mana saja yang menyulitkan dan menjadi penghambat bagi guru dalam bekerja sehari-hari dan akan berusaha memperbaiki peraturan-peraturan tersebut.

“Kita lihat di mana yang memberatkan dan peraturan-peraturan mana yang perlu kita lihat dulu. Kan ada juga peraturan Kemenpan RB, ada peraturan di BKN, ada peraturan Kemendikbud, ini kita sisir dulu menuju ke arah yang Mas Menteri maksudkan. Makanya kita belum jawab kemana-mana, kita melihat dulu apa yang perlu diperbaiki,” tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More