Selasa 26 November 2019, 19:28 WIB

Pemerintah Didorong Atur Limbah Baterai

Andhika prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Didorong Atur Limbah Baterai

Antara
Johnny Darmawan

 

PEMERINTAH optimistis Sebanyak 20% dari total kendaraan yang beroperasi di Tanah Air akan berbasis atau bertenaga listrik pada 2025.

Target pengaplikasian kendaraan bermotor listrik memang sangat baik demi mengurangi beban impor minyak dan gas. Penggunaan mobil dan motor listrik juga akan mengurangi emisi karbon sehingga lingkungan lebih ramah bagi masyarakat.

Namun, di balik berbagai hal positif tersebut, penggunaan kendaraan listrik juga menyisakan persoalan yakni limbah baterai.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Johnny Darmawan mengatakan baterai memiliki periode hidup yang terbatas yakni sepuluh tahun. Setelah itu, baterai tidak akan lagi bisa digunakan.

"Sementara baterai itu limbah yang tidak bisa dibuang atau dipendam begitu saja. Maka dari itu, harus ada solusi dari limbah-limbah baterai," ujar Johnny di Jakarta, Selasa (26/11).

Maka dari itu, ia meminta pemerintah menerbitkan program pengendalian limbah baterai. Baterai-baterai yang sudah habis masa hidup mereka harus diolah ulang atau recycle sehingga bisa digunakan kembali.

"Jadi kendaraan listrik ini bisa jadi solusi yang tidak meninggalkan masalah. Sampai buntut terbenahi semua," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Konsumsi BBM Saat Lebaran Alami Penurunan

👤M. Iqbal Al machmudi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 17:24 WIB
Pada H-1 lebaran konsumsi gasoline tercatat sebesar 99.932 KL, namun pada hari H lebaran konsumsi turun di angka 58.510 KL dan H+1 tercatat...
DOK KEMENTAN

Bupati Rohil Tingkatkan Serap Gabah Bantu Warga Terdampak Covid

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Mei 2020, 17:19 WIB
Suyatno sangat mendukung upaya ketahanan pangan di Kabupaten Rokan Hilir. Karena itu, ia memastikan stok pangan tahun 2020...
ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

BCA Catatkan Laba Bersih Rp6,6 Triliun pada Triwulan I 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:20 WIB
"Laba bersih Rp6,6 triliun atau meningkat 8,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Posisi keuangan yang kokoh menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya