Selasa 26 November 2019, 15:31 WIB

Ratusan Warga Tasikmalaya Terjangkit DBD

Adi Kristiadi | Humaniora
Ratusan Warga Tasikmalaya Terjangkit DBD

MI/Adi Kristiadi
Petugas melakukan pengasapan cegah demam berdarah dengue

 

RATUSAN  warga di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) terjangkit demam berdarah dengue (DBD) dan lima diantaranya meninggal sejak awal bulan Juni hingga memasuki awal musim penghujan di November tahun ini.
 
"Memasuki awal musim penghujan pada November menyebabkan dua orang meninggal dunia dan puluhan lainnya masih perawatan di setiap Puskesmas maupun Rumah Sakit. Akan tetapi, warga yang tidak tertolong berasal dari Kecamatan Cibeureum dan Tawang. Namun, sebelumnya tiga orang positif terjangkit DBD dan nyawanya tidak bisa tertolong lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan Uus Supangat, Selasa (26/11).

Uus mengatakan, kasus DBD memasuki awal musim hujan akan mengalami peningkatan dan sekarang ini telah dilakukan beberapa program terutama bagi masyarakat yaitu gerakan satu rumah satu jumantik (Giris) agar menekan jatuhnya korban jiwa yang disebabkan dari serangan nyamuk Aedes Aegypti.

"Kami meminta agar masyarakat harus tetap mewaspadai di awal pergantian musim, meski cuaca terkadang berubah datangnya panas hingga hujan yang bisa menyebabkan menjadi sarang nyamuk. Kesadaran masyarakat harus dilakukan melalui memelihara lingkungan agar tetap bersih, mengajak masyarakat menutup air, dan membersihkan jentik nyamuk di dalam bak," ujarnya.

Menurutnya, untuk endemis DBD di Kota Tasikmalaya selama ini masih tersebar di 10 Kecamatan mulai dari Tawang, Cihideung, Cipedes, Mangkubumi, Indihiang, Cibeureum, Tamansari, Purbaratu, Bungursari, dan Kawalu. Namun, sekarang ini terfokus di Kecamatan Tawang dan Cibeureum karena sudah ada dua orang meninggal dunia. (OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Poster Karya Wakil Indonesia Raih Medali Emas di Jepang

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 00:14 WIB
Festival yang digelar International Foundation for Arts and Culture (IFAC).itu diikuti 18 negara untuk kategori poster dan...
Antara/Moch Asim

Ditjen Dikti Kemendikbud Tingkatkan Kolaborasi Hadapi Covid 19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 00:03 WIB
Dana yang dialokasikan Ditjen Dikti Kemendikbud terbagi menjadi Rp199 miliar untuk pengadaan di Pusat dan Rp205 miliar untuk realokasi ke...
Dok. Kementerian BUMN

Masuk Komite Penanganan Covid-19, TNI Jaga Protokol Kesehatan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 23:52 WIB
"Sosialisasi tentang pentingnya menjaga protokol itulah yang perlu kita tingkatkan sehingga saya merasa perlu keterlibatan TNI...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya