Selasa 26 November 2019, 13:10 WIB

PKS Diminta Pilih Salah Satu Cawagub Usulan Gerindra

Cindy Ang | Megapolitan
PKS Diminta Pilih Salah Satu Cawagub Usulan Gerindra

Ilustrasi MI
Ilustrasi Cawagub

 

ANGGOTA Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif meminta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memilih satu dari empat calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dari fraksinya.

Menurut Syarif, penetapan wagub mandek karena calon dari PKS dan kurangnya komunikasi politik.

"Penyebabnya bisa dua hal, karena calonnya dan komunikasinya. Coba kita coba (ganti) calonnya dulu. Ditawarkanlah solusi alternatif. Kalau misalnya empat nama ini dipilih salah satu, saya yakin jalan," kata Syarif di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (26/12).

Syarif optimistis penetapan wagub DKI bakal berjalan setelah pemilihan satu dari empat nama tersebut. Nantinya akan ada dua calon, satu dari PKS dan satu dari Gerindra.

"Seminggu kelar (penetapan wagub) kalo sudah cocok. Cocok segala sesuatunya," ucap Syarif.

Baca juga: Terkait Cawagub, belum Ada Progres Putusan dari PKS

Dia berharap PKS memiliki kebesaran hati membuka peluang calon baru. Mandeknya proses pemilihan tetap harus dievaluasi.

"Dengan harapan kebesaran jiwa, ketenangan jiwa, dan kebesaran hati (PKS) untuk rakyat Jakarta," imbuh Syarif.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menegaskan kandidat calon wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta masih milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS dan Gerindra terus berkoordinasi terkait kursi nomor dua di ibu kota tersebut.

Suhaimi mengatakan, hingga saat ini, masih ada dua nama yang diajukan sebagai wagub DKI, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Tidak ada pembahasan nama baru dari Gerindra.

PKS dan Gerindra optimistis nama wagub DKI sudah matang sebelum 2020.

"Mudah-mudahan tahun ini selesai," ujar dia.

PKS menyodorkan dua kadernya, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, untuk mendampingi Gubernur Anies Baswedan. Namun, pemilihan wagub berlangsung alot di DPRD DKI. Hingga anggota DPRD 2014-2019 turun jabatan, cawagub terpilih belum ditentukan.

Gerindra kemudian menyodorkan empat cawagub, yaitu Sekretaris Daerah DKI Saefullah, Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Juliantono dan Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Riza Patria. Mereka tengah menunggu restu PKS. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More