Selasa 26 November 2019, 10:28 WIB

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-ROK di Busan

Antara | Internasional
Jokowi Hadiri KTT ASEAN-ROK di Busan

AFP/handout/various sources
Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan) berfoto bersama dengan para pemimpin negara ASEAN serta Presiden Korsel Moon Jae-in

 

PRESIDEN Joko Widodo menghadiri KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)-Republik of Korea (ROK) di Busan, Korea Selatan, Selasa (26/11).    

Presiden Jokowi tiba di Busan Exhibition Convention Center (BEXCO), tempat penyelenggaraan KTT, sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Jokowi langsung disambut Presiden Korsel Moon Jae-in.   

Selanjutnya, Jokowi bersama Moon dan sembilan pemimpin negara-negara ASEAN yang hadir melakukan sesi foto bersama.   

Usai foto bersama, Presiden Korsel dan para pemimpin negara ini menuju ruang sidang KTT yang diselenggarakan sebagai peringatan 30 tahun hubungan negara-negara anggota ASEAN dengan Korsel.          

Baca juga: Jokowi Sambut Baik Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Korsel

Presiden Moon, dalam pidato pembukaannya, mengatakan kerja sama dan solidaritas antara Korsel dan ASEAN berguna mengatasi bersama berbagai tantangan, termasuk proteksionisme, kejahatan transnasional, dan menghadapi revolusi industri 4.0.    

"Kita harus lebih memperkuat kerja sama dan solidaritas, terutama dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0," kata Moon.    

Moon juga mengingatkan para pemimpin ASEAN tentang pengalaman dalam menghadapi krisis moneter Asia Timur dan krisis keuangan global.    

"Saya pikir itu dimungkinkan oleh kekuatan hubungan dan kepercayaan yang telah kami bangun. ASEAN adalah mitra yang berharga bagi Korea Selatan," katanya.    

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan acara KTT ASEAN-ROK yang diselenggarakan untuk memperingati 30 tahun hubungan negara-negara ASEAN dengan Korsel itu dibagi tiga sesi.        

Untuk sesi pertama, akan bicara mengenai ASEAN-ROK, para pemimpin akan membahas mengenai evaluasi 30 tahun kerja sama ke belakang dan apa yang akan dilakukan atau diinginkan oleh para pemimpin untuk kerja sama 30 tahun mendatang.    

Untuk sesi kedua, kata Retno, membahas mengenai masalah konektivitas dan ketiga adalah sesi retreat yang akan membahas mengenai masalah situasi kawasan dan global. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More