Senin 25 November 2019, 21:40 WIB

Wapres Minta Pemprov Jalankan Program Prioritas Pemerintah Pusat

Wapres Minta Pemprov Jalankan Program Prioritas Pemerintah Pusat

FOTO ANTARA/Anis Efizudin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden,Ma"ruf Amin, membuka Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) VI/2019, di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin malam.

Ia menyampaikan bahwa sejak APPSI didirikan pada 2000, APPSI selaku organisasi pemerintah provinsi, telah berkontribusi banyak dalam memperkuat peran pemerintah provinsi terutama terkait otonomi daerah serta senantiasa memberi dukungan dan masukan berarti bagi pemerintah pusat.

"Saya berharap peran itu terus diperkuat serta koordinasi dan kerja sama terus dilakukan lebih baik lagi," ujar dia,di Jakarta, Senin malam.

Ia mengatakan sebagai wakil presiden, dia diamanatkan undang-undang untuk berperan selaku ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, dan dalam kapasitas itu dia senantiasa akan bekerja sama lebih erat dengan APPSI maupun asosiasi pemda lain.

Ia juga meminta para gubernur dapat bersama-sama menjalankan lima prioritas program pemerintahan Jokowi-Ma"ruf Amin yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi.

"Izinkan saya meminta gubernur dapat bersama-sama menjalankan lima prioritas tersebut dan memastikan lima prioritas tersebut dipahami dan didukung seluruh pemerintah daerah dan masyarakat," ujar dia.

Ia menekankan tujuan prioritas program itu untuk mempercepat transformasi Indonesia menjadi negara lebih maju dengan kesejahteraan masyarakat lebih baik serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan."Saya mendoakan ketua umum terpilih dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dan mengemban amanah," ujar dia.

Munas APPSI VI mengambil tema Penguatan Ketahanan Daerah Menghadapi Tantangan Global dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Ketua Umum APPSI,Longki Djanggola(gubernur Sulawesi Tenggara), mengatakan, Munas APPSI yang diselenggarakan 25-27 November 2019, memiliki sejumlah agenda di antaranya pemilihan kepengurusan baru, serta akan membahas sejumlah rekomendasi APPSI bagi pemerintah pusat.

"Sesuai tradisi, APPSI akan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah pusat, untuk membantu presiden dan wakil presiden serta para menteri, sekaligus untuk mempererat hubungan pemerintah pusat dengan daerah," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta,Anies Baswedan,selaku tuan rumah penyelenggaraan Munas APPSI VI, merasa terhormat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Munas APPSI VI.

Ia mengatakan, APPSI sebagai wadah berhimpunnya seluruh gubernur, bertekad untuk bisa berkolaborasi menghadapi berbagai tantangan dan menyelesaikan masalah bersama.

"Harapannya sinergi antara pemerintah pusat dengan provinsi semakin baik. Harapan kami Munas APPSI VI berlangsung lancar, dan menjadi kesempatan interaksi kondusif dan produktif, bisa menempatkan program kerja yang memberikan manfaat bagi semua, sekaligus memilih dan menetapkan ketua umum APPSI 2019-2023," kata dia.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More