Senin 25 November 2019, 20:53 WIB

Mendagri Sebut Ormas Buah Demokrasi

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Mendagri Sebut Ormas Buah Demokrasi

Antara
Tito Karnavian

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan anugerah pada organisasi masyarakat (Ormas) terbaik 2019 di Hotel Kartika Candra (25/11).

Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa keberadaan ormas sangat penting yakni sebagai salah realisasi dari kebebasan untuk berserikat dan berkumpul.

"Jadi ormas ini perannya sangat penting sekali. Karena dia adalah civil society, sekaligus realisasi dari freedom of assosiacion yang menjadi salah satu ciri khas dari demokrasi, kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, namun ormas ini harus ada batasannya," terang Tito saat ditemui usai pemberian anugerah.

Menurutnya, ormas juga wajib memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan aktivitas, di antaranya adalah harus menghargai hak asasi orang lain, menjaga ketertiban publik, mengindahkan etika dan moral, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Tito, alasan pentingnya keberadaan ormas adalah kebanyakan ormas berawal dari inisiasi masyarakat. Hal itu berperan dalam keseimbangan yang harus ada antara masyarakat dan negara.

"Karena ormas ini banyak yang bergeraknya bottom up, artinya bergeraknya dari bawah. Inisiasi dari masyarakat untuk memberikan penyeimbang pada dominasi negara," ujarnya.

Ia juga mengandaikan kalau tidak ada ormas maupun organisasi masyarakat sipil maka tidak ada keseimbangan. Kekuasaan negara bersifat mutlak dan dominan. Akibatnya, negara akan otoriter.

"Kalau tidak ada civil society, dominasi negara akan terlalu dominan. Ini akan menjadi otoritarian. Sehingga negara demokrasi perlu memiliki civil society dan ormas," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/SUSANTO

Anies Baca How Democracies Die, Firli Singgung Why Nations Fail

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 24 November 2020, 16:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan buku itu mengungkap salah satu sebab negara gagal yakni...
Ist

Kapolri : Modernisasi IT Diharapkan Tekan Kecelakaan Lalu Lintas

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 16:33 WIB
Kapolri mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif dan langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan...
Dok: Kemendagri

Jelang Pilkada, Pengendalian Keamanan & Covid-19 Makin Kondusif

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 16:31 WIB
Pelanggaran hanya 2,2%, merupakan tingkat pelanggaran yang relatif kecil dengan peserta kampanye tatap muka melebihi sedikit 50 orang namun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya