Senin 25 November 2019, 10:27 WIB

Babel Tergetkan 36 Ribu Ton Gabah Akhir Tahun Ini

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Tergetkan 36 Ribu Ton Gabah Akhir Tahun Ini

Dok Kementan
Ilustrasi sawah

 

DINAS Pertanian (Distan) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menargetkan produksi gabah kering baik sawah tadah hujan maupun padi ladang 36 ribu ton hingga akhir tahun ini.

Kepala dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Juaidi mengatakan tahun ini targetkan tanam padi 12 ribu hektare, dimana saat ini sudah ditanam 10 ribu hektare. Sedangkan 2000 hektare mulai tanam saat musim hujan Desember mendatang.

"Sekarang sudah 10 ribu hektare, nah 2000 hektare nya kita selesaikan Desember ini, sehingga totalnya sesuai target 12 ribu hektare,"kata
Juaidi. Senin (25/11).

Menurut Juaidi. Setiap hektare ditargetkan menghasilkan produksi 3 ton gabah kering, sehingga total dari target secara keseluruhan tahun ini
mencapai 36 ribu ton.

"Kita optimistis target Produksi bisa mencapai 36 ribu ton, kendati saat musim hujan," ujarnya.

Ia mengaku hampir 60 persen dari target 36 ribu ton gabah kering tersebut masih di dominasi sentra beras Babel di Bangka Selatan, sisanya tersebar di lima kabupaten kecuali Pangkalpinang.

"Sentra beras kita Bangka Selatan masih menyumbang produksi gabah kering terbanyak, khususnya di desa Rias," ungkap dia.

Ia mengaku tidka kuatir musim hujan mendatang, karena pihaknya sudah melakukan berbagai antisifasi agar padi tadah hujan yang di tanam tidak gagal panen,"tahun ini kita sudah perbaiki irigasi dan bangun embung,"uca Juaidi.(OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More