Senin 25 November 2019, 01:00 WIB

Cegah Hepatitis A Menyebar Kemenkes Intervensi Khusus

MI | Humaniora
Cegah Hepatitis A Menyebar Kemenkes Intervensi Khusus

Ilustrasi
Hepatitis A

 

KEMENTERIAN Kesehatan telah melakukan intervensi untuk menanggulangi penyebaran virus hepatitis A atau penyakit kuning di Kota Depok. Upaya yang telah dilakukan berupa penguatan surveilans epidemiologi dan pelacakan index case ke daerah asal Kabupaten Bogor.

“Sejak 18 November lalu tim gerak cepat Kemkes yang terdiri dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) subdit Hepatitis dan dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan bersama Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Jakarta dan Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan penguatan surveilans dan penyelidikan epidemiologi,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono, kemarin.

Anung menjelaskan, dalam satu sampai dua bulan ke depan Dinas Kesehatan dan Puskesmas melakukan monitoring kasus penderita Hepatitis A. Puskesmas Rangkapan Jaya membuka posko kesehatan di SMPN 20 Kota Depok, lokasi di mana puluhan siswa dan beberapa guru diketahui terjangkit Hepatitis A.

Selain memonitoring kasus penderita, Puskesmas dan Dinas Kesehatan juga memeriksa kualitas air bersih dan memeriksa jajanan anak sekolah di sekitar lokasi terjangkitnya virus.(Aiw/H-1)

Baca Juga

Ist/Untar

Implementasi Kampus Merdeka di Untar Ciptakan SDM Unggul

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 22:19 WIB
Untar terus berinovasi untuk memberikan pendidikan berkualitas yang berlandaskan IPE (Integritas, Profesionalisme, dan...
Ist

Aktif Tangani Pandemi Covid-19, Kowani Raih MURI Dunia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 21:31 WIB
Kongres Wanita Indonesia (Kowani) raih penghargaan Rekor MURI Dunia karena kiprahnya aktif tangani pandemic...
123rf.com

Kasus Positif Korona Bertambah 2.307 Orang, Sembuh 2.060 Orang

👤Henri Siagian 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 20:50 WIB
Secara umum, total suspek per hari ini sebanyak 75.257 orang. covid-19 telah menjangkit di 34 provinsi di Tanah Air yang mencakup 481...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya