Minggu 24 November 2019, 19:55 WIB

UT semakin Diminati Generasi Milenial

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UT semakin Diminati Generasi Milenial

youtube
Rektor Universitas Terbuka, Prof Dr Ojat Darojat

 

MEMASUKI usia ke-35 berdirinya Universitas Terbuka (UT), kampus yang terletak di bilangan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, itu kini semakin diminati generasi milenial untuk menempuh pendidikan tinggi.

Hal itu dikemukakan Rektor UT, Prof Dr Ojat Darojat, di sela-sela diskusi kelompok terarah (focus group discussion/FGD) UT di Jakarta, Kamis (21/11).

"Ya, dari 350 ribu mahasiswa UT yang tersebar di seluruh Tanah Air dan luar negeri, terdapat sekitar 30% merupakan mahasiswa generasi milenial," ungkap Ojat di acara tersebut.

Guru Besar Ilmu Statistik UT ini mengutarakan, terdapat dua alasan UT diminati kalangan milenial yakni faktor geografis dan ekonomis.

"Dengan faktor geografis keberadaan UT yang tersebar di seluruh pelosok tanah air serta daerah terpencil menjadi mudah dijangkau bagi mahasiswa yang mau menempuh kuliah melalui UT. Sedangkan faktor ekonomis karena UT berbiaya murah dana mat terjangkau bagi warga negara Indonesia di seluruh Tanah Air. Jadi dua hal ini penyebab utama UT banyak disasar milenial," tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima hari ini.

Dia menekankan, perubahan lingkungan strategis yang terjadi dengan cepat dan dalam skala yang luas, mengharuskan UT segera bertransformasi agar lebih mampu beradaptasi secara cepat dan efektif. Untuk itu, perlu segera dilakukan penyusunan Rencana Jangka Panjang Tahun 2020-2035.


Baca juga: Butuh 10 Tahun Mengurai Sampah Puntung Rokok


"FGD UT ini untuk mendapat masukan para ahli dan stakeholder tentang tren perubahan lingkungan masa depan yang berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan tinggi pada umumnya dan UT pada khususnya," ujar Ojat.

FGD UT juga menghadirkan Dirjen Pembelajaran Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar, dan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ahmad M Ramli.

Ismunandar mengatakan, di tengah kemajuan teknologi, UT diharapkan mampu meningkatkan relevansi antara dunia akademik dan kerja bagi kalangan dunia usaha dan dunia industri.

"Link and match mesti dapat terjadi agar para lulusan terserap di dunia industri," cetusnya.

Ramli menambahkan, UT sebagai pelopor pendidikan jarak jauh (PJJ) dapat fleksibel pada kurikulum mengingat terjadinya perubahan teknologi yang cepat.

"UT merupakan pelopor dalam PJJ, maka teruslah menjadi pelopor serta mampu menyesuaikan diri pada perubahan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman," tukasnya. (OL-1)

 

Baca Juga

Dok. Kemenlu

Gandeng Universitas, Kemenlu Intensifkan Kampanye Kelapa Sawit

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 22:24 WIB
Pada 2019, Indonesia memproduksi 37,4 juta metrik ton minyak kelapa sawit dengan nilai ekspor mencapai USD23...
Antara/Sigid Kurniawa

Ini 5 Kelompok Rentan Terpapar Covid-19, Lansia Paling Rentan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 03 Agustus 2020, 21:54 WIB
Kelompok kedua, lanjut Dewi, adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah, contohnya penderita HIV?AIDS dan penyakit autoimun...
Instagram

Gara-gara Video Obat Covid-19, Anji Dilaporkan ke Polda Metro

👤Tri subarkah 🕔Senin 03 Agustus 2020, 20:42 WIB
Laporan polisi tersebut dibuat oleh Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya