Sabtu 23 November 2019, 20:57 WIB

Stafsus Presiden: Tidak Berkantor bukan Berarti tidak Bekerja

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Stafsus Presiden: Tidak Berkantor bukan Berarti tidak Bekerja

MI/Dede Susianti
Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma'ruf

 

STAF Khusus Presiden dari kalangan milenial, Aminuddin Ma'ruf, mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak secara eksplisit menyatakan stafsus bekerja paruh waktu.

Saat memperkenalkan jajaran stafsus, menurutnya, Presiden Jokowi tidak mengungkapkan kewajiban stafsus untuk bekerja di Istana. Justru mereka diharuskan untuk mengeksplorasi gagasan dan ide dari luar.

"Kita tidak dibatasi ruang bekerja hanya di Kantor Istana. Tapi kita mengeksplorasi gagasan itu dari luar untuk dibawa ke dalam," terang Aminuddin Ma'ruf saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (23/11).

Baca juga: Surya Paloh: Stafsus Milenial Bagus untuk Regenerasi

Arahan itu membuat jam kerja yang dilakoni stafsus justru melebihi jam kerja. Aminuddin mencontohkan hari Sabtu yang bagi sebagian pekerja adalah libur akhir pekan, ia justru masih harus bekerja sampai malam. Begitupun hari Minggu ia masih ada beberapa undangan yang bakal dihadirinya.

"Kayak hari ini saja saya hari Sabtu sampai jam segini saya masih kerja," ujarnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi mengerti dan menyesuaikan dengan dunia milenial yang terus selalu mencipta ide kreatif. Melahirkan ide kreatif susah jika harus setiap hari harus masuk kantor dan dibatasi jam kerja. Apalagi ia ditugaskan untuk keliling kampus dan pesantren.

"Karena Pak Jokowi mengerti anak muda yang kemarin diperkenalkan oleh beliau itu punya dunia sendiri. Malah kalau diminta untuk berkantor di Istana setiap hari, office hours, ide-ide kreatifnya enggak muncul," lanjutnya.

Aminuddin menggarisbawahi Presiden Jokowi tidak mewajibkan stafsus untuk masuk kantor sesuai jam kerja. Presiden Jokowi juga tidak menyebut stafsus bekerja paruh waktu.

"Presiden tidak bilang itu part-time (paruh waktu). Presiden mengatakan tidak ada kewajiban pada staf khusus untuk berkantor setiap hari, dari pukul 08.00-17.00. Tidak berkantor, bukan tidak bekerja ya," pungkasnya. (X-15)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More