Minggu 24 November 2019, 00:00 WIB

Rayakan dengan La Latina

(Try/m-3) | Weekend
Rayakan dengan La Latina

MI/ BARY FATHAHILAH
Suasana Nuansa Amerika Latin yang penuh dengan warna cerah menjadi inti dari tema New year latina night.

OLA Latina... Menjadi semangat dari The Sultan Hotel & Residence menyambut tahun baru. Nuansa Amerika Latin yang penuh dengan warna cerah menjadi inti dari tema New year latina night.

Tidak semata suasana latina, makanan yang disajikan berasal dari negara-negara latin, seperti Brasil, Meksiko, dan Cile. Executive Chef Andry Stefanus mengeluarkan seluruh pengalamannya saat mengikuti pertukaran chef ke Peru.

Membuka kesegaran, seruput segelas latin punch. Minuman ini merupakan kombinasi kranberi, nanas, jeruk, dan soda diberi pemanis daun mint. Meski bewarna merah muda, rasa nanas mendominasi minuman tersebut. Sodanya memberi sensasi dingin di tenggorokan.

Menemani kesegaran minuman, ada aneka tapas. Ada nachos dengan saus guacamole dan fusion sushi. Canape yang memadukan hidangan Jepang dan Peru ini merupakan sushi yang diisi ceviche. Ceviche merupakan ikan mentah yang direndam air lemon. Tapas yang lain ada sashimi dengan cabai jalapeno. Sebagai pilihan saus sushi disediakan tabasco.

Sebagai hidangan utama, ada salmon chili verde. Sajian ini merupakan salmon panggang yang diberikan chili verde. Salmon yang manis berpadu pas dengan saus asam berwarna hijau.

Cokelat
Jangan lupa mencicipi hidangan asal Meksiko berupa chicken mole. Makanan dari suku Maya ini berupa ayam yang dimasak dengan cokelat, tanaman yang paling banyak dihasilkan di Meksiko. Ayam tanpa tulang ini hanya dibumbui garam dan lada sebelum di pan seared (digoreng dengan sedikit minyak) hingga kecokelatan.

Saus cokelatnya terbuat dari kismis, tomat, cabai kering, bawang putih, dan peanut butter pengganti walnut. Semua bahan diblender hingga kental. Kemudian saat menumis bawang bombai, dimasukkan jintan, ketumbar, bubuk kayu manis, cengkeh, bunga lawang, serta adonan hasil blender dan kaldu ayam. Setelah tumisan ayam mulai matang, kemudian dicampurkan dengan dark chocolate 70%.

Rasa yang dihasilkan manis dan gurih di awal suapan, tapi pahit cokelat di akhir. Ayamnya disajikan dengan potongan dadu yang dirasa cukup besar untuk dinikmati dalam sekali suap.

Makanan utama lainnya, yaitu brasil churrascaria. Hidangan ini berupa potong besar steik yang ditusuk dengan besi, chef pun akan berkeliling dan mengirisnya ke setiap meja tamu.

"Ini steik, tapi ciri khas Brasil seperti itu, disajikan lembaran dari steik. Istimewanya pada Latina Night ini, setelah tamu memakan steik, akan diberikan penetralisir berupa nanas bakar dan dipotong di depan tamu," ujarnya.

Steik ini pun disajikan dengan siraman aneka saus, dari barbeque, mushroom, dan black pepper. Dalam Latina Night, akan disajikan dipping atau celupan saus salsa, chimicurri, peri-peri, dan guacamole.

"Nanti di tiap meja tamu atau di meja pojok saus, akan disajikan berbagai macam dipping. Tamu tinggal memilih sesuai selera. Jadi untuk makanan utama akan tersedia tiga macam makanan latin," jelas chef Andry.

Varian makanan lain tersedia, seperti beef ramen dan stall Jepang, pojok hidangan Indonesia, Melayu, dan aneka cold seafood segar. Tiap paket dinner New year latina night ini ditawarkan sebagai makan malam tamu kamar.

Adapun paket harga kamar di malam tahun baru Rp2,83 juta (nett), termasuk gala dinner latina night untuk 2 orang, sedangkan untuk untuk walk in--reservasi, paket gala dinner latina night ini dijual dengan harga Rp695 ribu per orang.

"Harga ini benar-benar untuk sajian penuh makanan pembuka dari makanan latin dan seluruh stall," tukas chef Andry. (Try/m-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More