Sabtu 23 November 2019, 17:17 WIB

Tranformasi Digital, Transaksi di Kantor Cabang BCA Tinggal 1,8%

Hilda Julaika | Ekonomi
Tranformasi Digital, Transaksi di Kantor Cabang BCA Tinggal 1,8%

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Transaksi perbankan digital

 

PRESIDEN Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa transaksi BCA di kantor cabang menurun. Saat ini diperkirakan jumlah transaksi konvensional hanya menyentuh angka 1,8%. Penyebabnya adalah masifnya transaksi yang terjadi secara digital. Ia menyebutkan transaksi digital mendominasi dengan mencapai angka 75%.

"Dulu itu jumlah ATM sekitar 71%. Sekarang 75% transaksi BCA lewat mobile banking dan internet banking. Dulu transaksi di cabang 17% sekarang tinggal sekitar 1,8%," ujar Jahja kepada awak media di acara Demo Day Finhacks 2019, Senayan City, Sabtu (23/11).

Meski begitu, pihaknya, tetap mempertimbangkan pembukaan cabang. Alasannya karena transaksi via cabang adalah bentuk relationship yang terjalin dengan costumer. Lalu untuk transaksi tunai berupa penyetoran dan penarikan dalam jumlah besar tetap melalui kantor cabang.

"Cabang masih dibutuhkan. Karena kebutuhan relationship. Kebutuhan uang tunai, setoran tunai, dan penarikan uang tunai dalam jumlah besar. Jadi mau gak mau tetap," tambahnya.

Sementara itu, transformasi digital dilakukan BCA melalui internet dan mobile banking dan berbagai aplikasi, fitur, alat pembayaran nontunai, antara lain Flazz BCA, Sakuku, dan fitur-fitur seperti QRku, OneKlik BCA, BCA Keyboard, dan Buka Rekening Online.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More