Sabtu 23 November 2019, 04:30 WIB

Semua Cabang Olahraga Bisa Sumbang Emas

Despian Nurhidayat | Olahraga
Semua Cabang Olahraga Bisa Sumbang Emas

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Harry Warganegara.

CHEF de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Harry Warganegara menyatakan dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2019 di Filipina, 27 di antaranya berpeluang besar menghasilkan medali emas untuk Indonesia. ­Sisanya tetap ada kans medali, tetapi hanya perak atau perunggu.

Saat disinggung apa saja cabang-cabang tersebut, Harry enggan memerincinya. Dia hanya bersedia menyebut beberapa, seperti bulu tangkis, angkat besi, dan panahan.

“Tapi saya tidak ingin menyebutkan secara terperinci cabang mana saja karena tentu akan memberikan beban kepada atlet bersangkutan,” kata Harry, kemarin.

“Mari doakan saja atlet-atlet kita bisa mendapat medali di luar ekspektasi. Dua tahun lalu kita hanya menempati peringkat kelima di Malaysia. Tahun ini tentunya harus lebih baik,” sambung dia.

Terpisah, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengatakan yang berpeluang untuk bisa menjadi lumbung medali emas bagi Indonesia ialah cabang-cabang unggulan yang pernah punya rekor di SEA Games Malaysia dan Asian Games terdahulu.

Gatot menyebutkan 27 cabang tersebut di antaranya bulu tangkis, renang, atletik, angkat besi, dan panahan.

“Kita lihat dari cabang-cabang unggulan, memang angkat besi dan bulu tangkis. Saya optimistis karena di angkat besi ada Eko Yuli (Irawan) dan bulu tangkis juga diperkuat atlet-atlet terbaik,” lanjutnya.

Meskipun demikian, Gatot mengatakan semua cabang berpotensi meraih emas. Perhitungan itu menurutnya hanya hasil kalkulasi dan indikasi dari pemerintah dan Komite Olimpiade Indonesia. “Saya yakin, jika kita memberikan yang terbaik, semua cabang bisa mendulang prestasi,” pungkas Gatot.

Target dua emas

Petenis tunggal putri Indonesia Aldila Sutjiadi, kemarin, berhasil menjuarai BNI Tennis Open 2019 setelah mengalahkan unggulan kedua Fadona Titalyana dengan dua set langsung 6-1 dan 6-3.

Di turnamen yang jadi ajang persiapan menuju SEA Games itu, Christopher Rungkat menjuarai nomor tunggal putra setelah mengalahkan Muhammad Rifqi Fitriadi dengan skor 6-4 dan 6-4.

Kemudian di nomor ganda putri, pasangan Beatrice Gumulya/Jessy Rompies memboyong gelar juara setelah menang 6-2 dan 6-4 dari Deria Nur Haliza/Fadona Titalyana.

Di ganda putra, pasangan duet kakak beradik David Agung Susanto dan Anthony Susanto memenangi laga final atas Iqbal Bilal Saputra/Wisnu Adi Nugroho dengan skor 6-4 dan 6-4.

Aldila, Christopher, Rifqi, ­Beatrice, Jessy, David, dan Anthony, menurut Ketua Umum Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia Rildo Ananda Anwar, memang akan jadi andalan Indonesia di SEA Games.

Selain mereka, juga ada Ari Fahresi, Rifanty Kahfiani, dan ­Priska Madelyn Nugroho. ­Semuanya telah dikukuhkan Rildo seusai BNI Tennis Open berakhir.

“Laga tenis SEA Games memperebutkan lima medali emas dan akan berlangsung di Lapangan Tenis Rizal Memorial Sport Complex di Manila, Filipina. Kami yakin mampu memenuhi target, merebut dua medali emas tenis dari nomor ganda campuran dan ganda putri,” kata Rildo. (R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More