Jumat 22 November 2019, 18:54 WIB

Pengamat: Alih Teknologi Alutsista Butuh Dukungan Logistik

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Pengamat: Alih Teknologi Alutsista Butuh Dukungan Logistik

Antara/Ari Bowo Sucipto
meriam 20 milimeter yang merupakan salah satu alutsista TNi

 

KETUA Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran Muradi, menilai keputusan Presiden Joko Widodo untuk melakukan penguatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern tetap memerlukan komitmen lain, seperti kemandirian dalam hal pengembangan alutsista dalam negeri.

"Jadi harus memastikan kalau kita mandiri untuk mengembangkan alutsista itu, misalnya teknologinya kita punya dan lain sebagainya," ujar Muradi ketika dihubungi, Jumat (22/11).

Ia pun tidak menampik jika realitasnya banyak produsen alat pertahanan yang enggan membagi teknologi. Menurut dia, hal tersebut bisa saja terjadi karena sistem alih teknologi dalam prosesnya memiliki prasyarat yang wajib dipenuhi.

Baca juga : Jokowi Instruksikan Prabowo Jangan Beli Alutsista Usang

"Sistem transfer of technology (ToT) tentu ada prasyarat. Apa? Ya, kita harus punya logistik yang cukup untuk bisa melakukan alih teknologi. Itu menjadi prasyarat utama, mau tidak mau, suka tidak suka. Tidak masalah karena hal itu menjadi bagian penting dari penguatan industri pertahanan dalam negeri."

Namun, sambung dia, proses alih teknologi tidak bisa langsung diterapkan kepada produsen di negara yang sebelumnya sudah menjalin kerja sama.

Tetap harus dilakukan bertahap sembari membangun komunikasi dan kerja sama yang lebih strategis dengan negara-negara lain.

"Alih teknologi itu begini, begitu kita impor pasti ada ToT. Nah, ToT itu kan ada uangnya. Jadi itu enggak gratis dan negara harus menyiapkan anggarannya," tandasnya. (Gol)

Baca Juga

Antara

LPSK Siap Lindungi Saksi Kasus Korupsi Ekspor Izin Benur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 14:40 WIB
“Perlindungan diperlukan agar para saksi dalam kasus ini dapat memberikan informasi tanpa adanya intimidasi atau potensi ancaman...
DOK LAN

Village Preneurship Bawa LAN Kembali Raih Penghargaan Top 45

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 14:27 WIB
terpilihnya inovasi Village Preneurship menjadi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020, akan membuat LAN semakin bersemangat terus...
MI/Andri Widiyanto

KPK Tahan Edhy Prabowo, KKP Tetap Fokus Kerja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 13:54 WIB
Pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor B-835/SJ/XI/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Perkantoran di Lingkup KKP yang ditandatangani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya