Kamis 21 November 2019, 10:00 WIB

Greta Thunberg Dapat Penghargaan Perdamaian

Basuki Eka Purnama | Internasional
Greta Thunberg Dapat Penghargaan Perdamaian

AFP/NICHOLAS KAMM
Greta Thunberg

 

AKTIVIS remaja asal Swedia Greta Thunberg, Rabu (20/11), mendapatkan penghargaan internasional perdamaian anak untuk perjuangannya melawan perubahan iklim yang menarik perhatian pelajar dari berbagai penjuru dunia.

Aktivis asal Kamerun Divina Maloum, 15, juga menerima penghargaan yang sama. Penghargaan itu diberikan oleh organisasi asal Belanda KidsRight yang telah memberikan penghargaan itu sejak 2005.

Thunberg tidak bisa menerima penghargaan itu secara langsung di Den Haag karena tengah menyeberangi Samudera Atlantik menggunakan kapal untuk menghadiri konferensi perubahan iklim di Madrid.

Baca juga: Sydney Diselimuti Asap Berbahaya

Namun, dia mengirimkan pesan yang mengatakan dirinya sangat berterma kasih dan terhormat menerima penghargaan itu.

Aktivis berusia 16 tahun itu meninggalkan Amerika Serikat (AS) pada pertengahan November dengan menumpang sebuah kapal untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim di Madrid pada awal Desember.

Nama Thunberg menjadi terkenal pada tahun lalu setelah dia menciptakan gerakan 'Mogok sekolah untuk iklim'. Puluhan ribu pelahar dari berbagai penjuru dunia kini bergabung dalam gerakan itu.

"Krisis iklim merupakan isu perdamaian di masa kami," ujar aktivis iklim asal Jerman Luisa-Marie Neubauer yang menerima penghargaan mewakili Thunberg.

"Kami turun ke jalan menuntut adanya aksi dari negara-negara di dunia. Namun, kini, setahun kemudian, nyawa setiap anak di dunia masih dalam bahaya," imbuhnya mengkritik bungkamnya para pemimpin dunia menghadapi isu perubahan iklim. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More