Rabu 20 November 2019, 13:15 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, PT KCI Siagakan 1.444 Personel

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jelang Natal dan Tahun Baru, PT KCI Siagakan 1.444 Personel

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas KRL

 

PT KAI Commuterline Indonesia (KCI) bersiap menjaga kemananan penumpang serta stasiun selama musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan akan menyiapkan 1.444 personel guna menjaga keamanan dan kelancaran perjalanan penumpang KRL.

"Pengawal KA dengan kekuatan 1.444 personel. Ini adalah peningkatan dari yang sebelumnya berjumlah 1.408 personel," kata Wiwik dalam keterangan resmi, Senin (18/11).

Selain penambahan personel keamanan, PT KCI juga akan mendirikan posko-posko keamanan. Posko itu bertujuan agar operasional tetap berjalan baik mengingat momen liburan seperti ini banyak pengguna musiman yang awam terhadap KRL.

Penambahan fasilitas juga dilakukan di beberapa stasiun sibuk seperti Stasiun Bogor, Bekasi, Tangerang, Tanah Abang, dan Jakarta Kota.

Baca juga: Langgar Aturan Jalur Sepeda Didenda Rp500 Ribu

"Dalam menghadapi lonjakan penumpang, kami biasanya menyiapkan tenda layanan serta pengoperasian Post Mobile dan penambahan Petugas Passanger Sevice di stasiun," terangnya.

PT KCI juga melakukan sosialisasi pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 melalui brosur yang berisi informasi jadwal baru, annoucement di KRL dan stasiun serta sosialisasi melalui media sosial.

Sebelumnya, PT KCI akan menambah jumlah perjalanan KRL dari 81 loop dalam 945 perjalanan menjadi 90 loop dengan total 1.057 perjalanan. Penambahan perjalanan kereta akan tercantum dalam Gapeka 2019.

Dalam operasioanal perjalanan KRL, khususnya di malam pergantian tahun, PT KCI berencana menambah jam operasional perjalanan KRL di beberapa lintas seperti Bogor Line, Bekasi Line, Tangerang Line, dan Serpong Line.

Wiwik juga mengajak penguna KRL dan masyarakat untuk tetap menjaga kelancaran operasional KRL dengan mengutamakan keselamatan sebagai dukungan kepada PT KCI untuk tetap menjadi transportasi publik yang aman dan nyaman.

"Pengguna kami imbau memperhatikan penyesuaian waktu perjalanan dengan jadwal baru dan besaran tarif sesuai tujuan pengguna. Para pengguna KRL dapat melihat seluruh jadwal KRL melalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh melalui Android dan IOS," tukasnya.(OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More