Rabu 20 November 2019, 06:17 WIB

Yamaha Tampil Dominan di Hari Pertama Tes Pramusim

Antara | Olahraga
Yamaha Tampil Dominan di Hari Pertama Tes Pramusim

AFP/JOSE JORDAN
Fabio Quartararo

FABIO Quartararo (Petronas Yamaha SRT) mencatatkan waktu tercepat di hari pertama tes pramusim di Valencia, Selasa (19/11), saat tiga motor Yamaha mendominasi peringkat atas.    

Quartararo melahap 76 putaran di Sirkuit Ricardo Tormo. Ketika menguji lengan ayun karbon baru bersama suku cadang sasis, rookie terbaik 2019 itu terjatuh di tikungan 10 dan merasa sedikit sakit di bagian tulang rusuknya setelah itu.

Meski begitu, pembalap asal Prancis itu mampu menyelesaikan tes hari pertama di pucuk catatan waktu pembalap diikuti Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang melengkapi finis 1-2-3 untuk Yamaha.            

Vinales menghabiskan sebagian besar hari pertama menguji motor tahun 2020 setelah menyelesaikan putaran pertama dengan mesin 2019.    

Baca juga: Honda Wujudkan Duet Marquez di Motogp 2020

Rekan satu timnya, Valentino Rossi, juga menguji motor M1 2020 yang menggunakan air intake baru dan mesin evolusi ketiga versi 2020 untuk finis peringkat ke-9 secara keseluruhan.  

Di kubu Ducati, Danilo Petrucci menguji sasis baru namun mengakhiri tes lebih awal karena cedera bahu setelah terjatuh di balapan GP Valencia akhir pekan lalu.

Sementara Andrea Dovizioso mencoba motor Ducati baru yang memiliki sasis, suku cadang mesin dan elektronik baru untuk memperoleh data yang akan digunakan di musim depan.    

Jack Miller dari Pramac Racing menyelesaikan 43 lap untuk mencoba suku cadang baru dan finis P10.

Rekan satu timnya, Francesco Bagnaia absen karena cedera pergelangan tangan ketika menjalani sesi latihan bebas di GP Valencia, Sabtu.    

Ducati menugaskan Michele Pirro untuk membantu menguji pengembangan motor 2020.   

Tim juara musim 2019, Repsol Honda menugasi Marc Marquez untuk menguji motor musim 2020 yang pernah ia coba di Misano. Namun, empat jam sebelum tes berakhir, juara dunia delapan kali itu terjatuh di Tikungan 13, mencetak waktu terbaiknnya di lap ke-33 dari total 56 untuk finis peringkat kelima.

Rekan satu tim sekaligus adiknya, Alex Marquez, finis peringkat ke-23 dalam debutnya di atas motor MotoGP. Alex sempat terjatuh di paruh pertama tes hari itu.  

Pembalap uji HRC, Stefan Bradl, finis P22 menggunakan sasis yang berbeda dari yang digunakan Marquez.    

Sementara Cal Crutchlow (LCR Honda) di peringkat ke-11 menguji mesin spec-2020 baru.    

Di garasi lain, mesin baru membantu Suzuki tampil cepat meski masalah teknis menghalangi Joan Mir untuk melanjutkan tes. Mir tampil sebagai pebalap Suzuki tercepat di P6, sementara rekan satu timnya, Alex Rins terpaut sekitar 0,150 detik di P7.  

KTM juga menuai hasil positif di Valencia setelah menurunkan sasis yang benar-benar baru namun masih dari baja.    

Pol Espargaro (KTM Factory Racing) membuat lima pabrikan berbeda yang finis di peringkat delapan besar, sementara rekan satu timnya, Brad Binder di P21 dan meneruskan proses adaptasi dengan motor MotoGP.    

Dani Pedrosa finis P17 sementara pembalap uji lainnya, Mika Kallio tidak turun ke trek.    

Iker Lecuona (KTM Tech 3) tampil impresif di tahun debutnya dengan finis P13, terpaut 1,482 detik dari pemuncak sesi.    

Semua pabrikan membawa update ke Valencia kecuali Aprilia. Motor baru Aprilia baru akan diturunkan di tes Sepang pada Februari tahun depan.    

Miguel Oliveira dan Takaaki Nakagami melewatkan tes Valencia di saat keduanya memulihkan diri dari cedera.    

Tes pramusim Valencia akan dilanjutkan di hari kedua dan terakhir pada Rabu (20/11), waktu setempat. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More