Selasa 19 November 2019, 11:28 WIB

Penghijauan di DAS Toba Antisipasi Banjir

Apul Iskandar | Nusantara
Penghijauan di DAS Toba Antisipasi Banjir

Antara
Penghijauan di kawasan daerah aliran sungai untuk mencegah banjir.

 

UNTUK mengantisipasi banjir, Perum Jasa Tirta I bekerha sama dengan PT Bajra Daya Sentra Nusa menyerahkan 12.037 pohon dan tanaman untuk kegiatan konservasi penghijauan. Penyerahan 12.037 pohon tersebut berkaitan dengan kegiatan konservasi penghijauan 2019 oleh Perum Jasa Tirta yang terdiri dari beberapa jenis tanaman  pohon kopi, durian, alpukat dan petai yang diserahkan kepada empat  Kelompok Tani (Poktan) di Desa  Ombur, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Sumatra Utara, (18/11/2019).

Kelompok tani yang menerima bantuan pohon adalah Kelompok Tani Galung, Kelompok Tani Batu Hoda, Kelompok Tani Lansang serta Kelompok Tani Tapian Nauli. Bantuan yang diberikan berupa tanaman atau pohon durian sebanyak 1.242 batang, tanaman jengkol 1.202 batang, tanaman alpukat 1.941 batang, tanaman petai 1.202 batang serta tanaman kopi 6.450 batang.

Kepala Divisi Jasa ASA V PJT I, Didik Ardianto mengatakan tanaman atau pohon merupakan sumber oksigen paling besar di bumi yang sangat  dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas.

"Manusia dalam melakukan aktivitasnya sangat memerlukan begitu banyak oksigen yang dibutuhkan. Untuk memenuhi stok oksigen agar tidak habis, fungsi tanaman atau pohon sangat dibutuhkan untuk menghasilkan oksigen pada saat berproses di siang hari melalui  proses foto sintesisnya. Selain itu, pohon juga dapat menyerap air dan mengunci air melalui akar-akar tanaman, termasuk menabung debit air di bumi," sebutnya.

Secara tidak langsung tanaman atau pohon dapat mencegah terjadinya banjir dengan cara menyerap air hujan ke dalam tanah serta mengurangi debit air di permukaan bumi yang berfungsi mencegah banjir, longsor serta mengantisipasi kekeringan air.

baca juga: Gubernur Jateng Resmikan Alat EWS Buatan UGM

"Salah satu faktor utama konservasi penghijauan adalah bertujuan untuk melestarikan lingkungan di sekitar kawasan Danau Toba. Hal ini untuk menjaga debit air Danau Toba selalu dalam kondisi baik dan stabil, sehingga air danau dan habitatnya selalu lestari," jelasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More