Senin 18 November 2019, 16:30 WIB

Sidang Gugatan Caleg Terpilih PDIP, Pihak Tergugat tak Hadir

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Sidang Gugatan Caleg Terpilih PDIP, Pihak Tergugat tak Hadir

Istimewa
Caleg terpilih dari PDI Perjuangan, Wilhelm Daniel Kurnala dan caleg terpilih dari Partai Gerindra Robby B. Gasperesz,.

 

DUA kali sidang perselisihan partai politik (parpol) dapil Maluku 6 dengan penggugat caleg terpilih dari PDI Perjuangan, Wilhelm Daniel Kurnala, terhadap DPP PDIP yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tidak dihadiri oleh satupun perwakilan dari pihak tergugat DPP PDIP.

Di sidang perdana Senin (04/11) yang dipimpin  ketua majelis hakim Desberreni Sinaga SH, terpaksa ditunda akibat pihak tergugat DPP PDIP tidak hadir.

”Karena para pihak tergugat tidak hadir maka sidang kita tunda hingga tanggal 14 November 2019 mendatang," kata Desberreni Sinaga SH dalam persidangan, Senin (04/11).

Menurut penasihat hukum Welhelm Daniel Kurnala, Franky Sahetapy, SH dan Justi Engel, SH, sebagai pihak penggugat dirinya sangat siap bertemu kepada pihak-pihak tergugat dihadapan majelis hakim.

Namun dengan ketidak hadiran para tergugat, pihaknya menduga ada itikad tidak baik dari para tergugat dalam menyelesaikan masalah ini di persidangan.

Karena itu, Justi berharap, dalam persidangan berikutnya (Kamis, 14/11) para pihak tergugat dapat hadir untuk mengikuti jalannya persidangan agar penggugat bisa segera mendapatkan kepastian Hukum.

Tetapi harapan itupun nyatanya belum juga terjawab manakala ketika sidang kedua digelar pada hari Kamis sore, 14 November 2019 di PN Jakarta Pusat. Dalam sidang tersebut pihak tergugat tidak hadir dikarenakan juru sita belum mengirimkan surat panggilan kepada tergugat (DPP PDIP) untuk hadir dalam sidang yang kedua. 

"Hakim secara konstitusi meminta maaf karena juru sita ternyata belum melakukan panggilan kedua kepada tergugat, sehingga sidang akan dilanjutkan pada 25 November 2019", jelas Justi di PN Jakarta Pusat (Kamis,14/11/2019). 

Latar belakang terjadinya sengketa parpol yang terjadi pada caleg Maluku I dari PDI Perjuangan, Wilhelm Daniel Kurnala ini persis sama seperti yang dialami Robby B. Gasperesz, caleg dari dapil yang sama (Maluku I), dengan asal parpol dari Gerindra.

Keduanya dituding telah melakukan pencurian suara dan dilaporkan kepada Mahkamah masing-masing parpol pengusungnya hingga akhirnya pihak DPP mengeluarkan surat pemecatan sepihak.

Namun tudingan tersebut tidak terbukti terjadi pada dapil-dapil yang dicurigai. Bawaslu dan KPU Pusat pun akhirnya menyatakan bahwa dari total 45 nama caleg DPRD dengan dapil Maluku I semuanya layak dilantik, termasuk di dalamnya terdapat nama Welhelm (PDI Perjuangan) dan Robby (Gerindra). (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More