Selasa 19 November 2019, 12:00 WIB

Tillerson: Jika Terbukti, Tindakan Trump Salah

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tillerson: Jika Terbukti, Tindakan Trump Salah

AFP/Don Emmert
Mantan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson

 

MANTAN Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengkritik aksi yang berujung pada upaya pemakzulan Presiden Donald Trump. Menurut Tillerson, menggunakan pengaruh AS untuk mendapatkan keuntungan pribadi adalah tindakan yang salah.

Tillerson, mantan eksekutif perusahaan minyak yang dipecat Trump pada Maret tahun lalu ditanya mengenai skandal yangdilakukan Trump dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi, Senin (18/11).

Tanpa menyebut nama Trump atau menyebut insiden terkait, Tillerson mengatakan, "Jelas, meminta bantuan pribadi dengan menggunakan aset AS sebagai jaminan adalah tindakan yang salah."

Baca juga: Penembakan di Oklahoma, Tiga Orang Tewas

"Jadi, jika Anda mendapatkan keuntungan dengan menggunakan, misalnya bantuan dana AS, persenjataan AS, atau pengaruh AS, itu adalah tindakan yang salah. Saya rasa semua orang tahu hal itu," imbuhnya.

Anggota DPR AS dari Partai Demokrat telah melancarkan penyelidikan pemakzulan terhadap Trump terkait tuduhan Presiden AS itu menahan bantuan militer untuk mendesak pemerintah Ukraina menyelidiki lawan politiknya, Joe Biden.

Trump membantah melakukan kesalahan dan menuding Partai Demokrat mencari-cari kesalahannya. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya