Senin 18 November 2019, 23:59 WIB

Uhamka dan Pemkab Lebak Lanjutkan Kerja Sama Bangun SDM Unggul

mediaindonesia.com | Nusantara
Uhamka dan Pemkab Lebak Lanjutkan Kerja Sama Bangun SDM Unggul

Dok. Uhamka
Kerja sama Uhamka dengan Pemkab Lebak

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemda Kabupaten Lebak, Senin (18/11).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Lebak, Banten, tersebut dilakukan bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke-107 dan Milad Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka  (UHAMKA) ke-62.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan daerahnya kan berfokus pada sektor pariwisata. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama dengan pihak perguruan tinggi yang memiliki potensi sumber daya manusia unggul.

“Pendapatan daerah dari sektor pariwisata di Kabupaten Lebak baru sekitar 4% dari total pendapatan daerah,” kata Ade.

Karena itu, pihaknya menilai perlunya ditingkatkan upaya-upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata. Dengan harapan, nilai pendapatan dari sektor tersebut akan bisa ditingkatkan secara signifikan.

Baca juga : Uhamka Berkomitmen Layani Pendidikan Semua Umat Beragama

Pariwisata yang dikembangkan, lanjut Ade, tentu sesuai dengan kearifan budaya lokal. Wisata yang dikembangkan berupa wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, serta wisata sosial budaya.

Wakil Rektor III Uhamka bidang kerjasama Lelly Qodariah menjelaskan, kegiatan Uhamka dengan  masyarakat Lebak sudah lama terjalin, dibuktikan dengan banyaknya alumni Uhamka/IKIP Muhammadiyah Jakarta di daerah ini.

Selain itu, Uhamka juga berperan dalam proses pembelajaran guru-guru SD yang belum memiliki ijazah S1 melalui program Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Sekolah Dasar sejak tahun 2006.

Bahkan sejak 2017, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan mengirimkan mahasiswa untuk kegiatan praktek lapangan di Kabupaten Lebak.

“Oleh karena itu, adanya Naskah Kesepahaman ini akan mempermudah proses kerja sama yang sudah  terjadi,” kata Lelly.

Kerja sama Uhamka dengan Pemda Lebak bertujuan untuk saling mendukung sebagai mitra kerja sama dalam rangka menumbuh-kembangkan kegiatan dan peran masing-masing berdasarkan azas kerja sama yang saling menguntungkan.

Adapun ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi Pendidikan, Penelitian, Pelatihan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kegiatan Al-Islam Kemuhammadiyahan seperti Pengalaman Belajar Lapangan (PBL), Praktek Kerja Lapangan (PKL), dan lain sejenisnya

Kerjasama juga menyangkut Pengembangan Sektor Pariwisata dan Promosi Pariwisata Kabupaten Lebak, Pengembangan Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kabupaten Lebak, Publikasi dan Implementasi Karya Ilmiah, dan bidang-bidang lain yang disepakati bersama. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More