Senin 18 November 2019, 22:49 WIB

Dugaan Penistaan Agama, Sukmawati Dilaporkan Lagi ke Polisi

Tri Subarkah | Megapolitan
Dugaan Penistaan Agama, Sukmawati Dilaporkan Lagi ke Polisi

Antara/Rivan Awal Lingga
Sukmawati Soekarnoputri

 

ANAK keempat presiden Indonesia pertama,Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Senin (18/11) oleh Irvan Novianda, warga Bandung, Jawa Barat.

Irvan melayangkan laporan tersebut karena Sukmawati membandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno.

"Itu seperti majas retoris yang sebenarnya pertanyaanya nggak perlu harus dijawab, sudah jelas lebih baik mana," kata kuasa hukum Irvan, Sumadi Atmadja di Polda Metro Jaya, Senin (18/11).

Irvan sendiri menyebut, sebagai seorang muslim, Sukmawati telah merendahkan junjungannya. Menurutnya, tidak seorangpun pantas disandingkan dengan sosok Nabi Muhammad.

"Tapi pantes nggak (membandingkan) siapa yang lebih berjasa antara ibu saya atau nabi? Perryataan itu saja sudah nggak pantes, apalagi nabi coba dibandingkan jasanya dengan Soekarno. Soekarno manusia biasa, yang punya jasa dan kesalahannya," papar Irvan.

Baca juga : NasDem Apresiasi Sikap MUI pada Kasus Sukmawati

"Banyak orang-orang kalau kita tanya di Indonesia di kehidupan kita, orang paling berjasa. Tapi nggak layak kalau dibandingkan dengan lebih berjasa mana sama nabi," bubuhnya.

Irvan mengaku mengetahui pernyataan Sukmawati melalui video yang ditontonnya lewat kanal YouTube. Meskipun Sukmawati berbicara dalam konteks diskusi radikalisme, Irvan tetap menilai bahwa pernyataan Sukmawati tidak pantas untuk dilontarkan.

"Kita simak semuanya memang pernyataannya banyak sekali, bukan hanya tentang nabi juga bandingkan Al Quran dengan Pancasila dan sebaginya," terang Irvan.

Sejumlah barang bukti yang turut disertakan oleh Irvan dalam laporannya adalah video hingga tautan pemberitaan di media massa. Laporannya tercatat dengan nomor LP/7456/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimum.

Adapun pasal yang disangkakan adalah Pasal 156A Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penistaan agama.

Sebelumnya, Sukmawati juga dilaporkan atas kasus yang sama oleh Ratih Puspa Nusanti, salah satu anggota Koordinator Bela Islam (Korlabi) pada Jumat (15/11). (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More