Selasa 19 November 2019, 02:00 WIB

Keyakinan Tinggi Sang Juara Bertahan

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Keyakinan Tinggi Sang Juara Bertahan

AFP
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa melawan Luksemburg

 

HILANG sudah beban berat yang ada dipundak Portugal dalam kualifikasi Euro 2020. Sang juara bertahan tersebut akhirnya memastikan satu tempat di putaran final setelah meraih kemenangan di laga terakhir penyisihan Grup B, Minggu (17/11).   

Menghadapi tuan rumah Luksemburg di Stade Josy Barthel, Portugal menang 2-0 melalui gol Bruno Fernandes menit ke-39’ dan Cristiano Ronaldo (86’). Poin maksimal di laga pamungkas ini membuat Selecao das Quinas, julukan Timnas Portugal, mengakhiri babak kualifikasi di posisi runner up Grup B dengan poin 17, terpaut tiga poin dari Ukraina yang menjadi juara grup.

Kemenangan atas Luksemburg membuat Portugal memupus ambisi Serbia untuk lolos ke putaran final setelah hanya bermain 2-2 dengan Ukraina di laga terakhir. Dengan poin 14 Serbia mengakhiri kiprah di kualifikasi di posisi tiga.

Pelatih Portugal Fernando Santos menegaskan dengan lolos ke putaran final, Portugal telah menunjukkan kapasitasnya sebagai juara bertahan. Menurutnya, jika tampil dalam bentuk terbaiknya, Portugal akan sulit untuk dikalahkan.

“Tidak akan mudah mengalahkan Portugal. Kami memiliki semua kondisi untuk meraih hasil bagus di Euro 2020,” tegas Santos.

Lebih jauh, Santos menolak tim asuhannya hanya ditempatkan sebagai tim favorit juara. Ia lebih menyebut Portugal sebagai kandidat kuat juara.  

“Status kami sama seperti empat tahun lalu. Saat kami datang ke Euro 2016, mereka menyatakan hal yang gila ketika saya menyebut kami kandidat juara,” tegas Santos.

Di sisi lain, satu gol ke gawang Luksemburg membuat Ronaldo makin dekat untuk memecahkan rekor mantan pemain Iran, Ali Daei sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol untuk negara. Dengan torehan 99 gol, Ronaldo kini tinggal terpaut 10 gol dari capaian Daei.  “Semua rekor harus dipecahkan dan saya akan memecahkan rekor itu,” tegas Ronaldo.


Menang meyakinkan

Di Grup A, Inggris menutup perjalanan di babak kualifikasi dengan meyakinkan setelah menekuk tim lemah Kosovo dengan skor telak 4-0. Empat gol The Three Lions dicetak Harry Winks (32’), Harry Kane (79’), Marcus Rashford (83’), dan Mason Mount (90’).

Dengan tambahan 4 gol, Inggris total melesakkan 38 gol sepanjang 2019. Ini merupakan gol terbanyak The Three Lions sejak 1908 dengan 39 gol.

“Saya pikir pemain memiliki kepercayaan diri. Mereka percaya diri bisa mengontrol pertandingan dan tahu akan mencetak gol,” ungkap pelatih Inggris, Gareth Southgate.

Namun, Southgate mengaku timnya belum m,endapat ujian berat di babak kualifikasi. “Kami belum mendapatkan ujian yang sulit. Untuk juara tidak mudah. Dengan Spanyol, Jerman, serta Portugal, Euro 2020 akan menjadi turnamen dengan level paling tinggi,” kata Southgate.

Di Grup H, Prancis sukses mengalahkan Albania 2-0 laga terakhir melalui gol Corentin Tolisso (9’) dan Antione Griezmann (30’). Meraup tiga poin di laga pamungkas membuat Les Bleus lolos ke putaran final dengan status juara grup. Dari 10 laga, Prancis mendulang 25 poin, unggul tiga poin atas Turki yang berada di posisi dua.

Bagi pelatih Prancis Didier Deschamps, kemenangan atas Albania memiliki arti khusus. Pasalnya, ini merupakan laga ke-100nya sejak menduduki kursi pelatih Prancis sejak Juli 2012. “Pencapaian ini memang menjadi kebanggaan pribadi. Namun lebih dari itu, saya bangga kepada pemain atas semangat yang mereka perlihatkan,” ungkap Deschamps. (AFP/BBC/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More